Tips Behenti Merokok Dalam Sehari

Tips Behenti Merokok Dalam SehariCerutu ialah hutan teter yang dibalut berbentuk silinder sama ada daripada kertas mahupun daripada berbagai jenis daun berukuran antara 70mm hingga 120mm dengan diameter 10mm (berbeza mengikut negara). Cerutu dibakar pada salah satu hujungnya dan dibiarkan membara agar asapnya dapat dihirup melalui mulut pada hujung yang lain.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Tips Behenti Merokok Dalam Sehari. Baca dan perhatikan dengan baik.

1. Berpikir positif

Berpikir positif dan yakin untuk berhasil berhenti merokok. Telah banyak waktu serta energi untuk merencanakan bagaimana berurusan untuk mengikuti cara berhenti merokok. Percayalah bahwa mampu bertahan sampai benar-benar berhenti merokok. Berikan sebuah penghargaan tersendiri pada diri sendiri ketika uang yang biasanya digunakan untuk cerutu ini dan sekarang digunakan untuk membeli sebuah benda-benda kesukaan.

Tips Behenti Merokok Dalam Sehari

Tips Behenti Merokok Dalam Sehari

2. Fokuslah pada manfaatnya

Sangat banyak sekali manfaat kesehatan ketika kamu memutuskan untuk berhenti merokok, beberapa diantaranya sudah saya sebutkan diatas. Tak hanya bagi diri sendiri, tapi manfaat berhenti merokok diatas juga bisa dirasakan oleh keluarga.

Misalnya untuk diri sendiri, cobalah berfikir berhenti merokok itu dapat membuat wajah terlihat lebih tampan, cantik, rupawan, awet muda, dan berseri. Dengan anggapan semacam ini, sedikit demi sedikit kamu akan mulai menjauhi cerutu.

3. Buat diri menjadi sibuk

Terutama saat awal mencoba tips berhenti merokok ini, carilah kesibukan dengan hal-hal yang kamu sukai dan cobalah untuk tidak meninggalkan banyak waktu sendiri, sehingga terbebas dari cerutu.

Selain menyibukan diri, sibukan juga tanganmu. Beberapa penelitian membuktikan, keinginan merokok akan semakin tinggi ketika tangan tidak melakukan aktivitas sama sekali.

Misalnya kamu bisa menyibukkan tangan dengan menulis, memegang pena, senam, dan sebagainya. Intinya lakukan kegiatan yang kamu sukai selain merokok.

4. Minum air putih yang banyak

Cobalah untuk minum air putih yang lebih banyak dari sebelumnya. Hal ini karena air bermanfaat untuk membantu dalam menghilangkan berbagai racun yang ditimbulkan dari merokok yang telah terakumulasi dalam tubuh dan sekaligus dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.

5. Hindari kebiasaan yang membuat ingin merokok

Hindari kopi, acara malam, dan sebagainya yang biasanya dapat membuat keinginan untuk merokok. Lawan godaan tersebut serta cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti produk olahan susu, buah-buahan dan sebagainya. Selain itu hindari juga kebiasaan yang biasanya sering dikombinasikan dengan merokok seperti pada saat menonton televisi, bermain game, membaca, dan sebagainya.

6. Atur target waktu

Berhenti merokok tidak dapat langsung berhenti dengan begitu saja, itu mungkin akan menjadi sangat sulit untuk dilakukan dan akan terasa menyiksa. Dengan mengurangi sedikit demi sedikit, namun juga diharuskan untuk menentukan waktu untuk berhenti merokok. Pasang target waktu mungkin dapat sekitar antara 2 sampai 3 minggu untuk dapat berhenti merokok. Cara berhenti merokok ini mungkin sangat efektif.

7. Dukungan dari teman serta keluarga

Agar proses berhenti merokok dapat berjalan dengan lancar, mintalah bantuan dari teman dan keluarga untuk mengingatkan agar tidak merokok. Selain keluarga peran teman-teman terdekat anda juga dapat membantu usaha anda untuk berhenti merokok.

8. Tidur lebih banyak

Cobalah untuk tidur lebih banyak dari biasanya. Hal ini bertujuan karena tubuh serta jiwa akan menjadi lebih lelah karena terdapat tekanan untuk berhenti merokok sehingga hal ini membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Selain itu, jam tidur adalah saat dimana tidak berpikir untuk merokok.

9. Mulai dengan cara mudah

Rekamlah dalam kondisi apa Anda sedang merokok seperti saat bosan, kesepian, cemas, dan sebagainya. Beri nilai 0 sampai dengan 5 dan kriteria nilai 0 adalah “seperti kereta api” serta kriteria nilai 5 adalah “hanya jika diperlukan”. Cari pada diri sendiri saat Anda seperti apa sedang merokok serta kriteria “seperti kereta api”. Buatlah upaya dengan bagaimana caranya untuk memulai berhenti merokok bertahap. Cara ini merupakan salah satu awal yang baik dan meningkatkan kepercayaan diri untuk tetap melanjutkan tahap-tahap selanjutnya untuk cara berhenti merokok.

10. Cari kegiatan yang menyibukkan

Salah satu cara berhenti merokok dapat dengan cara mencari kegiatan yang menyibukkan. Hindari terjebak dalam kesendirian, hal ini mungkin dapat menimbulkan keinginan untuk merokok lagi. Cari sebuah kegiatan yang dapat membuat lupa untuk merokok seperti bersepeda, bekerja, berolahraga, dll. Dengan aktifitas yang banyak dan mungkin terlalu padat tersebut, maka waktu akan membuat keinginan untuk semakin melupakan cerutu karena tidak ada cukup waktu melakukan itu.

11. Kunjungi tempat tanpa asap cerutu

Dengan mencoba menghabiskan waktu berjam-jam di tempat yang tidak diperbolehkan merokok, seperti tempat perpustakaan, toko buku, dan sebagainya. Apabila sedang mengunjungi suatu tempat bersama teman-teman, pilihlah tempat yang non-smoking area.

12. Cari pengganti cerutu

Apabila dalam beberapa hari pertama gagal untuk berhenti merokok, cobalah untuk menggunakan pengganti cerutu, seperti : permen karet. Ini dapat membantu menyingkirkan kebiasaan mencari cerutu yang akhirnya dapat membantu berhenti merokok.

13. Merokok secara sadar

Merokok secara sadar maksudnya adalah ketika sedang merokok, coba katakanlah terhadap diri Anda sendiri “sekarang saya akan merokok”. Cara seperti ini mungkin dapat bisa membantu melepas cerutu secara perlahan. Menyadari merokok dan dalam jangka waktu yang panjang akan membantu mengatasi masalah “merokok tanpa sadar”.

14. Mencoba akupunktur

Akupunktur dapat menjadi sebuah metode alami dalam pengobatan ketergantungan terhadap nikotin dan tanpa rasa sakit serta aman. Akupunktur dapat mengurangi intensitas gejala seperti tekanan psikologis, perasaan cemas, depresi, dan sebagainya yang diakibatkan karena penggunaan nikotin. Akupunktur juga dapat meningkatkan vitalitas serta kesuburan dan dapat membantu otak berpikir lebih jernih.

15. Sibukkan diri setelah makan

Banyak para pecandu cerutu yang bahkan setelah makan mereka sering menghisap rokok, namun jika sudah bertekad kuat untuk berhenti merokok, Anda harus benar–benar berhenti. Menghilangkan kebiasaan seperti itu dapat dengan cara setelah makan langsung menggosok gigi dan sebaginya. Dengan melakukan cara itu dapat melupakan keinginan merokok setelah makan. Meskipun cara ini agak berat, jika sudah bertekad kuat dan melakukan dengan rutin secara bertahap mungkin akan terbiasa.

16. Konsultasi dengan dokter

Bertanyalah kepada dokter atau ahli kesehatan mengenai bagaiman cara berhenti merokok. Terkadang dokter atau ahli kesehatan memiliki sebuah resep yang dapat menghilangkan ketergantungan terhadap nikotin yang terkandung dalam cerutu.

17. Hisaplah Permen

Mungkin di hari kelima anda mengalami yang namanya stress karena belum terbiasa untuk tidak merokok. Cara mengatasinya adalah dengan menghisap permen. Beberapa orang yang telah berhasil berhenti merokok melakukan cara ini dan terbukti berhasil. Menghisap permen sebagai bentuk pengalihan pikiran anda terhadap cerutu itu sendiri.

18. Buang Semua Cerutu

Di hari kelima ini anda harus membuang semua cerutu anda. Anda paksa untuk tidak merokok lagi. Stress?? Bisa jadi. Tapi ingatlah tekad dan niat anda. Untuk apa anda merokok? Yaitu untuk agama anda, untuk diri anda sendiri dan untuk keluarga anda serta orang-orang yang anda cintai. Jika anda sakit karena cerututentu anda dan keluarga akan sama-sama susah. Bayangkan jika anda terkena kanker paru-paru akibat terlalu banyak merokok. Siapa yang susah dan menderita? Anda dan keluarga anda sendiri.

19. Jauhi Teman Yang Merokok

Teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Begitulah pepatah mengatakan. Mulai hari keempat jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.

20. Tekad batin yang kuat

Pertimbangkan terlebih dahulu untuk membuat sebuah daftar alasan berhenti merokok untuk bertujuan menopang tekad. Alasan spesifik, saat ini seperti untuk membuat hidup yang lebih baik dan berbagai alasan-alasan untuk berhenti merokok pada masa mendatang. Dapatkan juga beberapa fakta sejarah di balik cerutu dan apa yang terjadi pada pecandu perokok di kemudian hari yang dapat Anda cari di internet. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keuntungan dari industri cerutu tersebut dan berbagai alasan medis yang mengerikan tentang menghisap cerutu.

Demikianlah postingan artikel mengenai Tips Behenti Merokok Dalam Sehari. Semoga bermanfaat dan artikel di atas dapat membantu betul-betul anda dalam berhenti yang namanya merokok.

Tips Behenti Merokok Dalam Sehari | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply