Plus Minus Kamera DSLR vs Mirrorless

Plus Minus Kamera DSLR vs Mirrorless – Beberapa bulan belakangan ini saya banyak berkesempatan untuk mencoba berbagai kamera baik DSLR maupun mirrorless.

Saat menguji kamera mirrorless, saya mendapati kualitas gambar dari kamera mirrorless banyak yang sudah setara dibandingkan dengan kamera DSLR.

Tapi masing-masing memiliki karakter yang berbeda. Mungkin informasi ini bisa membantu bagi yang masih mencari kamera digital baru atau yang mempertimbangkan untuk pindah sistem kamera.

Kelebihan Kamera Mirroless

Beberapa hal yang membuat saya suka mengunakan kamera mirrorless yaitu:

  • Portabilitas yang tinggi: Saya bisa memboyong lebih banyak lensa tanpa merasa keberatan. Biasanya kalau membawa satu set sistem DSLR, tas saya kurang lebih beratnya 5 kg. Tapi dengan mirrorless, total beratnya di bawah 3 kg. Ringan 2 kg cukup berarti saat jalan-jalan jauh dan naik gunung.
  • Saat memotret street photography di jalanan, atau human interest, orang-orang lebih tidak peduli sehingga memotret secara candid lebih enak.
  • Sistem mirrorless mengandalkan live view dan jendela bidik elektronik. Kita bisa lihat dengan jelas apa fokus dan tidak, juga bisa melihat terang gelap/exposure, histogram, warna, efek khusus dengan jelas. Apa yang dilihat adalah apa yang akan didapatkan. Tidak ada tebak-tebakan dan terkejut seperti di kamera DSLR.
  • Adaptabilitas kamera mirrorless tinggi, karena kita bisa menggunakan lensa lama atau lensa yang bukan semerek dengan adaptor. Untuk manual fokusnya lebih canggih dari kamera DSLR karena banyak kamera mirrorless punya fitur focus peaking.
  • Bisa fokus ke area mana saja, termasuk ke daerah tepi-tepi frame foto dengan mudah. Di kamera DSLR tiitk-titik fokusnya biasanya ngumpul di tengah. Kecepatan autofokus kamera mirrorless generasi tahun 2014 juga sudah cepat.

Plus Minus Kamera DSLR vs Mirrorless

Kelebihan Kamera DSLR

Apa yang saya rindukan dari kamera DSLR saat mengunakan kamera mirrorless?

  • Jendela bidik optik lebih efektif (jernih, tidak silau, tidak makan daya baterai) saat memotret di kondisi yang sangat terang maupun gelap.
  • Pegangan yang lebih besar dan dalam lebih mantap saat dipegang, terutama saat mengunakan lensa telefoto zoom. Meskipun kamera mirrorless saat ini menyediakan berbagai aksesoris seperti battery grip atau leathercase yang menurut saya cukup membantu.
  • Tombol-tombol dan tuas kamera DSLR biasanya lebih besar dan mudah ditemukan dan ditekan.
  • Kapasitas baterai lebih tinggi. Satu baterai kamera DSLR yang di charge full biasanya cukup untuk satu hari jalan-jalan, sedangkan perlu sekitar 2-3 baterai untuk kamera mirrorless.
  • Berat kamera kadang dapat membantu, terutama saat kamera di tripod dan angin cukup kencang. Kamera DSLR yang bobotnya lebih berat inersianya lebih tinggi sehingga tahan tiupan angin.

Dari pengalaman di atas, saya merasa kedua jenis kamera saling melengkapi, tidak ada jenis yang lebih superior daripada yang lain. Tidak ada salahnya memilih bentuk dan spesifikasi kamera sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Plus Minus Kamera DSLR vs Mirrorless | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply