Wednesday, 23 April 2014

Perawatan Rambut Tradisional

Perawatan Rambut TradisionalPerawatan rambut tradisional menggunakan bahan-bahan yang alami, sehingga dapat dikatakan bahwa perawatan dengan cara ini jauh lebih aman.

 

Apakah perawatan rambut tradisional memiliki efek samping seperti perawatan rambut kimiawi? Jawabannya: tidak! Perawatan rambut tradisional tidak membahayakan rambut Anda. Fokus utama perawatan ini adalah kulit kepala. Memijat kulit kepala dapat membuatnya relaks dan melancarkan peredaran darah di sekitar kulit kepala. Selain itu perlu diperhatikan juga pemenuhan nutrisi untuk kesehatan rambut, khususnya folikel rambut.

 

Minyak rambut atau hair oil dibutuhkan selama proses pemijatan. Minyak ini bisa didapatkan dari hasil ekstraksi bahan-bahan herbal. Herbal merupakan bahan yang penting dalam proses perawatan rambut. Ada beberapa macam bahan herbal yang bisa digunakan seperti bayam, lavender, dan biji anggur. Folikel rambut mendapat rangsangan saat minyak dioleskan pada kulit kepala. Rangsangan pada folikel menyebabkan terjadinya regenerasi sel baru dan memunculkan rambut baru.

 

Beberapa shampo dan kondisioner juga ada yang berasal dari bahan-bahan herbal. Shampo yang dibuat dari caffeine, bahan baku kopi, sedang populer untuk saat ini. Bahan yang lain yang sering digunakan adalah sage dan rosemary. Shampo, kondisioner, dan toner penting untuk kulit kepala karena kaya akan nutrisi dan mampu merangsang pertumbuhan folikel.

 

Gel dan topical cream adalah beberapa produk untuk rambut rontok yang ada di pasaran. Produk ini juga terdiri dari bahan herbal seperti saw palmetto, aloe vera, biji anggur / grape seed, dan nettle. pH yang pas sangat penting untuk tubuh, khususnya kulit kepala. Produk tersebut mampu menjaga keseimbangan pH dan membantu folikel untuk bekerja dengan baik. Iritasi dapat disembuhkan dan kulit kepala tak lagi merasa gatal. Menggaruk kepala dapat membahayakan folikel dan menyebabkan iritasi kulit kepala.

 

Produk perawatan rambut tradisional dapat dengan mudah kita temui, baik di pasar, supermarket, maupun toko dan klinik kecantikan.

 

Tips Perawatan Rambut Secara Alami

1.Rambut Berminyak

Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa menjadi berminyak yaitu karena faktor keturunan, terlalu jarang mencuci rambut dan aktivitas hormon yang tinggi. Gunakanlah shampoo yang ringan dan shampoo khusus untuk rambut berminyak seperti shampoo bayi juga bagus. Cucilah rambut setiap hari, sebaiknya bilas dengan air dingin secara menyeluruh, hindarilah membilas rambut dengan menggunakan air hangat karena dapat membuat kulit kepala semakin berminyak. Perawatan rambut berminyak bisa menggunakan minyak kelapa atau jojoba. Gunakanlah condisioner hanya diujung-ujung ranbut saja, dan hindarilah menggunakan condisioner pada batang rambut yang berada di dekat akar rambut. Para sobat juga bisa menggunakan bahan-bahan tradisional dengan buah lemon, yaitu alurkan jus lemon pada kulit kepala dan rambut untuk mengurangi minyak yang ada pada rambut dan kulit kepala.

 

2.Rambut Patah dan Rusak

Jika mempunyai rambut yang patah dan rusak maka gunakanlah condisioner yang mengandung banyak pelembab. Hindarilah melakukan pengeritingan atau mewarnai rambut hingga rambut dalam keadaan baik. Saat mencuci rambut sebaiknya gosok rambut dengan lembut pada kulit kepala. Untuk rambut patah dan rusak buatlah condisioner dengan yogurt. Caranya adalah campur yogurt tawar kemasan kecil, satu butir putih telur, dan satu sendok makan madu. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang basah. Lalu diamkan selama sekitar kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah 1minggu 2 kali jika menggingginkan hasil yang menabjubkan.

 

3.Rambut Kering

Jika mempunyai jenis rambut kering dan kusam pasti sangat mengganggu penampilan, selain jenis rambut ini sering kusut dan sulit diatur, bahkan rambut menjadi lemah dan sangat mudah rontok. Rambut yang kering harus diberikan kelembaban yang ekstra. Para sobat bisa membuat condosioner yang mudah, yaitu dengan cara buatlah campuran dua sendok makan mayonaise dan satu buah avokad. Aduklah merata hingga tekstur avokad terasa lembut. Sebaiknya gunakanlah pada rambut yang agak basah sambik memberikan pijitan ringan. Diamkan selama 20 menit kemudian bilas dengan air bersih. Gunakanlah secara rutin untuk mempunyai rambut yang mengkilap dan menawan.

 

4.Rambut Yang Sulit Diatur

Jika memunyai jenis rambut seperti ini, memang gampang-gampang susah dalam merawatnya. Selain rambut juga cepat kusut dan sulit untuk diatur dan ditata rapi.Sebaiknya para sobat membuat condisioner sendiri yang cukup mudah untuk rambut jenis ini. Caranya yaitu campurlah air perasan satu jeruk lemon, seperempat gelas zaitun dan 2 buah butir telur. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut yang basah serta kulit kepala. Biarkan hingga kering, lalu bilas dengan air bersih. Karena minyak zaitun akan membantu rambut jauh dari kusut dan mudah ditata. Vitamnin dan nutrisi dari telur dan jeruk membuat rambut lebih bersinar dan sehat, serta merangsang pertumbuhan pada rambut. Gunakanlah maksimal 1 minggu 2 kali untuk mendapatkan hasil yang menabjubkan.

 

Perawatan Rambut dan Kulit Kepala dengan Bahan-bahan Tradisional :

1.Kemiri

Khasiat yang cukup dikenal masyarakat dari buah kemiri adalah memperkuat dan menyuburkan rambut serta membuat rambut hitam kemilau. Untuk menyuburkan rambut, enam biji kemiri ditumbuk halus lalu ditambah air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Minyak tersebut digosokkan pada kulit kepala, tiga kali seminggu. Bisa juga dengan ramuan 10 gram kemiri, enam lembar daun mangkokan, dua lembar daun pandan wangi, enam lembar daun urang aring, 50 cc minyak kelapa, 50 cc minyak wijen, dua kuntum bunga mawar, 14 kuntum bunga melati direbus dengan 2.000 cc air hingga tersisa 1.000 cc. Kemudian rebusan disaring dan dioleskan ke kulit kepala setelah dingin sambil dipijat. Lakukan dua kali sehari.

 

2. Lidah Buaya + Daun mangkokan + daun waru

Untuk mengatasi rambut rontok, 40 gram daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya, 20 gram daun mangkokan, dan 20 gram daun waru muda dihaluskan. Kemudian tambahkan 50 cc minyak kemiri hangat. Diaduk, lalu dioleskan pada kulit rambut hingga rata, diamkan beberapa saat lalu rambut dicuci hingga bersih.

 

3.Seledri

Seledri berguna untuk menyuburkan rambut. Ambil 7 – 10 tangkai daun seledri. Tumbuk sampai halus. Setelah keramas gosokkan hasil tumbukan daun seledri tersebut ke kulit kepala dan rambut sambil dipijat2. Setelah selesai bungkus rambut dengan topi plastic selama kurang lebih satu jam. Bilas dengan air bersih. Lakukan seminggu sekali.

4.Jeruk Nipis

Berguna untuk mengurangi rasa gatal karena ketombe pada kulit kepala. Lakukan setelah habis keramas. Peras jeruk Nipis, ambil airnya dan usapkan langsung ke kulit kepala sambil dipijat-pijat dan diamkan selama kurang lebih satu jam kemudian bilas dengan air bersih.

Kata Kunci :

perawatan kecantika tradisional,cara menguatkan rambut yang lemah dan rontok karena diwarnai,toner kepala shampo,tips membuat rambut lemas dan mudah di tata dengan bahan alami,sampo yg mudah didapatkan dan bgus untuk rambut berminyak?,perawatan tradisional rambut kusut,perawatan rambut secara alami,Herbal khusus untuk perawatan rambut,cara tradisional merawat kulit,cara merawat rambut yang rusak seprti kebakar dan susah diatur

Related Posts to "Perawatan Rambut Tradisional"

Response on "Perawatan Rambut Tradisional"

Muhammad Risalon Google+
Jasa Like Fanpage Facebook Murah