Pengertian Hijab Dan Jilbab

Pengertian Hijab Dan Jilbab – Kebanyakan di antara orang mengatakan bahwa hijab itu adalah menutupi semua aurat mulai dari ujung kaki sampai kepada dan bahkan dan bahkan ada juga yang lebih sensitif yaitu hanya mata saja yang boleh kelihatan dan lainnya tidak boleh.

Pengertian Hijab adalah bagaimana cara kita mensucikan hati dan menghijabkan hati kita untuk kejalan yang benar dan semuanya kita lakukan karena Allah Swt, bukan karena faktor lain yang mempengaruhi kita.

Pengertian Hijab Dan Jilbab

Pengertian Hijab Dan Jilbab

 

Pengertian Jilbāb (Arab: جلباب ) adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim. Penggunaan jenis pakaian ini terkait dengan tuntunan syariat Islam untuk menggunakan pakaian yang menutup aurat atau dikenal dengan istilah hijab. Sementara kerudung sendiri di dalam Al-Qur’an disebut dengan istilah khumur, sebagaimana terdapat pada surat An Nuur ayat 31: “ Hendaklah mereka menutupkan khumur (kerudung-nya) ke dadanya. (An Nuur :31).

Setiap pendapat boleh berbedah tapi yang lebih penting adalah tujuan dan maksud sama dan yang tidak kalah lebih pentingnya adalah bisa menjaga diri sendiri dimana dan kapanpun anda berada. Mungkin jika hal seperti itu sudah anda lakukan dengan maksimal, maka hijab anda dapat dikatakan berhasil dan sukses.

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan tentang hijab dan jilbab  adalah sebagai berikut :

  • Berhijablah karena Allah Swt, bukan karena tekanan dari siapapun.
  • Berhijablah juga jangan karena hanya ingin penampilan anda lain darpada yang lain tapi harus dengan hati yang suci.
  • Anggaplah hijab itu seperti orangtuamu. Karena mengingat orangtua adalah salah satu hal yang sangat penting dan dapat menjauhkan anda dari prilaku menyimpang.
  • Berhijablah sesuai dengan tuntutan Al-Qur’an dan Al-Hadits.
  • Dan yang terakhir, jadkanlah hijabmu sebagai bukti tanda bahwa Engkau takut kepada Allah Swt serta berjanjilah untuk selalu menjaga kesucian dari hijab itu.

Perintah Berhijab Dalam Alqur’an

Perintah berjilbab berdasarkan Al Quran; kerudung menutupi rambut hingga pinggang, dan tidak boleh menunjukan lekuk tubuh. Hanya tangan dan wajah yang boleh tidak tertutup. Niqab dan burqa tidak wajib.

Dalam Al Qur’an surat Al-Ahzab :59 Allah Berfirman :

Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Dalam Al Qur’an surat surat An-Nur ayat 31 Allah Berfirman : “…dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya… “.

Dalam Al Qur’an surat Al-Qur’an surat Al-Maidah ayat 5 baris terakhir Allah Berfirman :

“….. Barang siapa yang mengingkari hukum-hukum syariat Islam sesudah beriman, maka hapuslah pahala amalnya bahkan di akhirat dia termasuk orang-orang yang merugi”.

Rasulullah bersabda :

“Tidak diterima sholat wanita dewasa kecuali yang memakai khimar (jilbab).” (HR. Ahmad, Abu Daud, Tirmidzi, bn Majah).

Sesungguhnya banyak kaum wanita yang hapus pahala shalatnya yang hidup di zaman ini dan di zaman yang akan datang, semata-mata karena mereka tidak memakai jilbab didalam hidup mereka, telah diisyaratkan Nabi Muhammad SAW dikala hidup beliau sebagaimana bunyi hadits dibawah ini yang artinya sbb:

“Ada satu masa yang paling aku takuti, dimana ummatku banyak yang mendirikan shalat, tetapi sebenarnya mereka bukan mendirikan shalat, dan neraka jahanamlah bagi mereka”.

Sebagian Besar Wanita akan menghadapi godaan besar sebelum berhijab seperti godaan untuk membatalkan berhijab, terpengaruh oleh teman lain, Lebiih Suka memadukan tren baju dengan gaya hijab, atau yang lainnya.

Untuk berhijab, keinginan yang kuat dan percaya diri adalah kunci utama. Dengan memiliki kunci utama tersebut, anda tidak akan mudah terpengaruh dengan godaan orang lain.

Bagi wanita yang Berani untuk tampil sopan dengan berhijab adalah pilihan yang tepat. Dengan berhijab, kita dapat menutupi aurat, InsyaAllah akan terhindar dari perbuatan-perbuatan jahat yang akan dilakukan oleh orang lain.

Demikianlah penjelasan artikel pada kesemoatan yang sama-sama berbahagia ini, membahas tentang Pengertian Hijab Dan Jilbab. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda segera mengenakan hijab dan jilbab karena mengingat itu adadalah perintah Allah Swt. Sekian dan terima kasih.

Pengertian Hijab Dan Jilbab | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply