Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh ManusiaSawi adalah sekelompok tumbuhan dari marga Brassica yang dimanfaatkan daun atau bunganya sebagai bahan pangan (sayuran), baik segar maupun diolah. Sawi mencakup beberapa spesies Brassica yang kadang-kadang mirip satu sama lain.

Di Indonesia penyebutan sawi biasanya mengacu pada sawi hijau (Brassica rapa kelompok parachinensis, yang disebut juga sawi bakso, caisim, atau caisin). Selain itu, terdapat pula sawi putih (Brassica rapa kelompok pekinensis, disebut juga petsai) yang biasa dibuat sup atau diolah menjadi asinan.

Jenis lain yang kadang-kadang disebut sebagai sawi hijau adalah sesawi sayur (untuk membedakannya dengan caisim). Kailan (Brassica oleracea kelompok alboglabra) adalah sejenis sayuran daun lain yang agak berbeda, karena daunnya lebih tebal dan lebih cocok menjadi bahan campuran mi goreng. Sawi sendok (pakcoy atau bok choy) merupakan jenis sayuran daun kerabat sawi yang mulai dikenal pula dalam dunia boga Indonesia.

Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia

Pada kesempatan kali ini. admin akan membagikan informasi dan artikel yang membahas mengenai Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh ManusiaSimak dan perhatikanlah dengan seksama penjelasannya berikut di bawah ini :

1. Mencegah Kanker

Sejak tahun 1980-an, menjaga asupan tinggi sayuran secara konsisten dapat dikaitkan dengan risiko lebih rendah menderita kolorektal dan kanker paru-paru. Sayuran ini memiliki senyawa yang mengandung sulfur yang dikenal sebagai glucosinolates, yang telah dipelajari memiliki kemampuan untuk menghambat proses kanker pada tahap perkembangan yang berbeda untuk kanker paru-paru, kolorektal, payudara, dan prostat. Studi awal baru telah menemukan bahwa glucosinolates mungkin juga efektif terhadap melanoma, kanker kerongkongan, dan kanker pankreas

Sawi hijau dan sayuran hijau lain yang mengandung klorofil dalam jumlah yang tinggi, dan telah terbukti efektif memblokir efek karsinogenik amina heterosiklik, yang dihasilkan saat memanggang makanan. Jika cenderung menyukai makanan yang dipanggang sampai gosong, pastikan untuk memasangkan sayuran hijau untuk membantu meniadakan efek ini.

2. Melawan radang dan pembentukan plak pada arteri.

Kandungan fitonutrien dan quercetin mampu melawan peradangan dan pembentukan plak pada pembuluh arteri dan sulforaphane. Namun dibutuhkan makanan lain seperti buah alpukat dan minyak zaitun agar proses perlawanan tersebut bisa berjalan efektif.

3. Menyehatkan Tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan resiko yang lebih tinggi karena patah tulang. mengkonsumsi vitamin K adalah hal penting untuk kesehatan yang baik, karena bertindak sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium dan dapat mengurangi ekskresi kalsium. Satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

4. Membantu pemulihan penyakit Alzheimer

Sawi mengandung vitamin K yang efektif membantun fungsi massa tulang dan mengembangkan system osteotrofik pada tulang sehingga kandungan tersebut bermanfaat untuk para pasien Alzheimer karena nutrisinya dapat mengurangi kerusakan saraf otak.
Mengontrol kolesterol

Kandungan serat yang tinggi dalam daun sawi yang berwarna hijau gelap membuatnya memiliki manfaat sebagai pengontrol kadar kolesterol dalam tubuh, melindungi dan mencegah wasir, sembelit sekaligus penyakit kanker usus besar.

5. Mencegah cacat pada bayi

Daun sawi banyak mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin. Vitamin yang dapat larut dalam air dibutuhkan dalam sintesis DNA ketika sebelum dan awal kehamilan, hal ini efektif membantu pencegahan cacat tabung saraf pada bayi dalam kandungan.

6. Mencegah osteoporosis

Selain beberapa manfaat di atas, manfaat sawi yang berikutnya yaitu mencegah osteoporosis, arthritis dan anemia. Bahkan mengonsumsi sawi secara rutin juga efektif melindungi tubuh dari penyakit jantung dan asma.

7. Menjaga kesehatan selaput lendir

Kandungan vitamin A pada sawi membuatnya efektif untuk memenuhi nutrisi dan menjaga kesehatan selaput lendir. Di samping itu, vitamin A juga dikenal sangat baik untuk meningkatkan kualitas daya penglihatan sekaligus kesehatan kulit.

8. Memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan baik

Kekebalan tubuh akan meningkat apabila rajin mengonsumsi makanan yang sehat, termasuk sayur-sayuran seperti sawi contohnya. Sawi kaya akan vitamin C yang jauh lebih banyak dari jeruk yang biasa Anda konsumsi. Sawi juga merupakan sumber anti oksidan dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh bila dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang pas dan memadai.

9. Baik Untuk Diabetes

Satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan sekitar 8 gram serat. The Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan 21-25 g / hari untuk wanita dan 30-38 g / hari untuk pria. Sawi hijau juga mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah, meningkatkan sensitivitas insulin dan mencegah oksidatif stres yang disebabkan perubahan pada pasien dengan diabetes. Studi asam alpha-lipoic juga menunjukkan penurunan neuropati perifer dan atau neuropati otonom di diabetes. Dari catatan, kebanyakan studi telah menggunakan asam alpha-lipoic intravena dan tidak yakin apakah suplementasi lisan akan menimbulkan manfaat yang sama.

Sawi hijau yang mmeiliki kandungan serat dan kadar air yang tinggi, membantu mencegah sembelit, mempromosikan keteraturan buang air besar dan mempertahankan saluran pencernaan yang sehat.

10. Menyehatkan Kulit dan Rambut

Sawi hijau juga bagus untuk kulit karena dikemas dengan manfaat vitamin A, nutrisi yang diperlukan untuk produksi sebum yang membuat rambut lembab. Vitamin A juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Asupan manfaat vitamin C (satu cangkir rebus sawi hijau menyediakan lebih dari 50% dari kebutuhan harian) yang dibutuhkan untuk membangun dan memelihara kolagen dan memberikan struktur pada kulit dan rambut.

Kekurangan zat besi merupakan penyebab umum rambut rambut, namun hal ini dapat dicegah dengan asupan makanan yang mengandung zat besi seperti hijau hijau. Kurang mendapatkan asupan zat besi yang cukup dalam makanan, juga dapat mempengaruhi seberapa efisien tubuh menggunakan energi. Sawi hijau merupakan sumber zat besi yang besar, seperti yang terdapat pada manfaat bayam, manfaat ikan tuna dan telur.

11. Membantu Tidur dan Suasana Hati

Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu tidur, gerakan otot, belajar dan memori. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu dalam transmisi impuls saraf, membantu dalam penyerapan lemak dan mengurangi inflamasi. Folat juga ditemukan dalam kolin, yang dapat membantu depresi dengan mencegah kelebihan homosistein dari pembentukan dalam tubuh. Kelebihan homosistein, akan mengganggu produksi hormon serotonin, dopamine, dan norepinephrine yang mengatur suasana hati, tetapi juga tidur dan nafsu makan.

Kandungan Gizi Sawi Hijau

  • Nama Bahan Makanan : Sawi Hijau
  • Nama Lain / Alternatif : Caisim / Caisin / Sawi Bakso
  • Banyaknya Sawi Hijau yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
  • Bagian Sawi Hijau yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
  • Jumlah Kandungan Energi Sawi Hijau = 20 kkal
  • Jumlah Kandungan Protein Sawi Hijau = 1,7 gr
  • Jumlah Kandungan Lemak Sawi Hijau = 0,4 gr
  • Jumlah Kandungan Karbohidrat Sawi Hijau = 3,4 gr
  • Jumlah Kandungan Kalsium Sawi Hijau = 123 mg
  • Jumlah Kandungan Fosfor Sawi Hijau = 40 mg
  • Jumlah Kandungan Zat Besi Sawi Hijau = 1,9 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin A Sawi Hijau = 0 IU
  • Jumlah Kandungan Vitamin B1 Sawi Hijau = 0,04 mg
  • Jumlah Kandungan Vitamin C Sawi Hijau = 3 mg

Demikianlah postingan artikel mengenai Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat dan artikel di atas, bisa menjadi salah satu bahan bacaan/bahan referensi buat anda semua untuk lebih menambah pengetahuan dan wawasan anda selama ini. Good luck.

Manfaat Sayur Sawi Bagi Tubuh Manusia | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply