Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Petai Bagi Kesehatan ManusiaPetai atau pete adalah pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Maka dari itu, admin akan membagikan informasi dan artikel yang kami kutip dari berbagai sumber bacaan terpercaya, yang sangat erat hubungannya dengan Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia. Simak dan perhatikanlah, penjelasannya di bawah ini :

Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia

Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia

 

  • Mengobati sakit jantung

Kemampuan petai untuk mengurangi kolesterol dan hipertensi cukup ampuh, hal ini yang membuatnya dapat mengurangi dan mengobati sakit jantung. *

  • Gula darah

Ekstrak khloroform dapat menghasilkan penurunan gula darah yang pasti. Memakan petai di antara jam makan dapat menjaga level gula darah Anda dan menghindari dari gejala morning sickness alias mual-mual, karena rasanya yang khas.

  • Kelebihan berat badan

Penelitian di Institute of Psychology di Austria menemukan bahwa tekanan di tempat kerja dapat meningkatkan risiko menjadi rakus makan makanan yang enak seperti coklat dan keripik. Rakus makan terjadi bukan karena lapar, tetapi untuk mengatasi kepanikan sehingga menstimulasi perasaan ingin makan. Ilmuwan menemukan bahwa pekerja yang memiliki tekanan kerja yang tinggi rentan mengalami kelebihan berat badan.

Untuk mengatasi kepanikan tersebut, Anda bisa mengatur level gula darah Anda dengan mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat. Setiap dua jam agar level tersebut tetap konstan. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, petai juga mampu menjaga level gula darah.

  • Maag

Petai dapat dikonsumsi oleh penderita penyakit usus. Karena tekturnya yang lembut, petai adalah buah mentah satu-satunya yang dapat dikonsumsi tanpa menyebabkan distress jangka panjang. Petai juga mampu menetralisir keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan lambung.

  • Merokok

Petai juga mampu membantu orang yang ingin berhenti merokok. Kandungan kalium dan magnesiumnya dapat membantu tubuh untuk melepaskan ketergantungan terhadap nikotin.

  • Masalah pencernaan

Pada penelitian tahun 2013 ditemukan bahwa perkia speciosa alias petai melawan stimulasi ethanol luka lambung mukosa pada tikus. Analisis dibuktikan dengan peningkatan antioksidan melawan enzim glutathione (GSH) dan superoksida dismutase (SOD) dalam homogenat mukosa lambung. Hasilnya tidak ditemukan gejala terjadinya keracunan atau kematian selama racun akut diobservasi. Petai juga mampu menangani masalah mual dan rasa kekenyangan.

  • Depresi

Petai mengandung tryptophan; semacam protein yang dapat diubah menjadi serotonin yang dapat membuat Anda relaks, meningkatkan mood, dan dapat membuat Anda merasa lebih nyaman. Petai dapat membantu meringankan gejala depresi bagi penderita gangguan depresi.

  • Anemia

Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan produksi hemogoblin tak tercukupi, akibatnya Anda terkena anemia. Namun, petai kaya akan zat besi sehingga dapat mendorong terjadinya pembentukan hemoglobin.

  • Tekanan darah

Biji eksotis ini memiliki kandungan kalium yang tinggi, tetapi rendah garam, yang dapat menaklukkan tekanan darah. Bahkan US Food and Drug Administration memberi izin kepada industri petai untuk membuat klaim resmi sebagai buah yang memiliki fungsi untuk mencegah tekanan darah tinggi dan stroke.

  • Kekuatan otak

Kandungan kalium sudah sepaket dengan buah ini dapat membantu dalam menyerap pelajaran atau ilmu baru lainnya. Siswa menjadi lebih waspada dan juga ada peningkatan pada kemampuan mengingatnya.

  • Sembelit

Petai kaya akan serat, sehingga dapat membantu memulihkan fungsi pencernaan. Walaupun bau petai mungkin tidak dapat Anda toleransi, tetapi mengonsumsinya berarti Anda dapat mengatasi masalah sembelit, tanpa bantuan obat pencahar.

  • Mabuk

Cara tercepat mengatasi masalah mabuk adalah dengan membuat milkshake petai, tambahkan madu sebagai pemanis. Petai dapat membantu menenangkan perut. Selain itu dengan bantuan madu, petai mengakumulasikan level gula darah yang habis, sementara susu dapat menghidrasi kembali seluruh tubuh.

  • Mengjilangkan rasa sesak karena kekenyangan

Manfaat pete saat dikonsumsi ini, memiliki efek yang dinamakan efek antasida. Efek ini dapat membantu anda dalam mengurangi rasa begah dan sesak pada bagian dada yang disebabkan oleh kekenyangan atau terlalu banyak makan. pete ini dapat membantu mengurangi rasa sesak dan sakit tersebut.

Beberapa manfaat petai yang sudah lebih dulu dipercayai oleh beberapa praktik pengobatan tradisional, khususnya di Asia Tenggara, antara lain untuk mengatasi gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Di Malaysia, mengonsumsi petai mentah dilakukan untuk mengobati sakit kepala. Namun manfaat kesehatan petai bagi tubuh manusia sebenarnya belum benar-benar terbukti secara medis.

Beberapa peneliti memang menemukan beberapa kandungan petai atau Parkia speciosa yang memiliki sifat medis, yaitu kemampuan untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit. Kandungan-kandungan tersebut dianggap meningkatkan potensi petai untuk dikembangkan menjadi salah satu jenis tanaman phytomedicine, yaitu bahan pengobatan herba, tapi harus melalui penelitian lebih lanjut.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa selain memiliki vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, ekstrak petai juga mengandung flavonoid, polyphenol dan phytosterol. Dengan ketiga kandungan tersebut, manfaat petai lainnya diduga berperan sebagai antioksidan dalam kadar yang cukup tinggi. Ditambah dengan adanya kandungan asam thiazolidine-4-carboxylic, ini berarti petai juga memiliki sifat antikanker. Sementara, kandungan senyawa polisulfida siklik menunjukkan aktivitas antibakteri pada petai.

Namun, beberapa kandungan petai lainnya juga dinilai bisa menyebabkan munculnya efek samping bagi tubuh. Petai diduga memiliki efek hipoglikemik (menurunkan glukosa dalam darah) akibat adanya kandungan β-sitosterol, stigmasterol, dan stigmast-4-en-3-one. Kandungan tannin yang tinggi pada petai juga mampu mengurangi kemampuan penyerapan protein dan pengolahan asam amino dalam tubuh, sehingga petai tidak direkomendasikan diberikan dalam jumlah tinggi pada anak-anak yang sedang berkembang.

Kehadiran kandungan asam jengkolat (djenkolic acid) sendiri dianggap bisa menyebabkan penyumbatan saluran kencing. Walaupun jarang dilaporkan pada konsumsi petai, keracunan asam jengkolat (kejengkolan) pernah terjadi pada beberapa kasus. Gejala kejengkolan umumnya adalah nyeri berat pada punggung, sulit berkemih, mual dan muntah, serta tanda khasnya di mana keluhan tersebut muncul setelah mengonsumsi jengkol atau petai. Asam jengkolat diduga dapat menyebabkan gangguan ginjal akut.

Walau masih terdapat kandungan kimia lain yang memiliki sifat medis pada petai, faktanya penelitian yang menjelaskan sifat dan cara kerja kimiawi sebagai khasiat pengobatan untuk digunakan pada manusia masih belum ada. Misalnya, penelitian mengenai tingkat penyerapan petai yang akan berpengaruh pada jumlah dosis yang perlu diberikan. Begitu juga dengan studi toksisitas petai, yaitu jumlah konsumsi petai yang bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Penelitian mengenai manfaat petai pada manusia memang masih sangat sedikit, sehingga dibalik potensinya yang besar untuk dijadikan bahan obat, penggunaan petai untuk pengobatan sebenarnya tidak dianjurkan. Perlu penelitian lebih lanjut untuk menerapkan penggunaan petai sebagai obat yang aman dikonsumsi bagi tubuh.

Demikianlah postingan artikel yang kami bagikan pada kali ini, membahas tentang Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia. Semoga bermanfaat buat anda sekalian, yang sedang mencari apa khasiat dan manfaat dari petai itu buta kesehatan tubuh manusia.

Baca juga

Cara Menurunkan Tekanana Darah Tinggi Dengan Jus Ceri

Tips Mencegah Melemahnya Jaringan Otot

Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Manusia

Kata Kunci :

bentuk bentuk mata indah animation
Manfaat Petai Bagi Kesehatan Manusia | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply