Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan KecantikanKentang (Solanum tuberosum L.) adalah tanaman dari suku Solanaceae yang memiliki umbi batang yang dapat dimakan dan disebut “kentang” pula. Umbi kentang sekarang telah menjadi salah satu makanan pokok penting di Eropa walaupun pada awalnya didatangkan dari Amerika Selatan.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang sangat erat kaitannya dengan Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Simak dan perhatikanlah dengan seksama berikut di bawah ini :

1. Menjaga kesehatan otak dan sistem saraf

Vitamin B6 yang terkandung dalam kentang sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf, yakni dengan menciptakan zat kimia otak, termasuk serotonin, dopamin, dan norepinephrine. Dengan kata lain, mengkonsumsi kentang akan membatu mengurunkan depresi dan stres. Di lain pihak, karbohidrat di dalam kentang dapat mempertahankan tingkat glukosa yang diperlukan untuk menjaga kinerja otak.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

2. Mengurangi resiko batu ginjal

Memang pada kentang kandungan kalsium dan zat besi dapat memicu pembentukan batu ginjal, namun magnesium yang kaya pada kentang dapat menolak kalsium yang ada pada jaringan ginjal. Pada orang-orang penderita batu ginjal, kentang bukan merupakan makanan yang ‘haram’ bahkan beberapa menu diet juga melibatkan kentang.

3. Menjaga kekebalan tubuh

Kentang mengandung vitamin C yang berguna untuk menjaga kekebalan tubuh. Komisi Kentang Kota Washington mengatakan mengkonsumsi kentang secara teratur akan menjaga tubuh dari serangan flu dan penyakit kudis.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Kentang kaya akan kalium yang membantu menurunkan tekanan darah. Sayuran ini juga mengandung zat kimia yang disebut kukoamines, yang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tak hanya itu, serat yang ditemukan dalam kentang dapat mengikat kolesterol dalam darah.

5. Melancarkan pencernaan

Serat yang tinggi membuat kentang menjadi salah satu sayuran yang baik untuk pencernaan. Tak hanya itu, kandungan tinggi karbohidrat dalam kentang juga membuat sayuran ini mudah dicerna sehingga tidak menambah beban kerja sistem pencernaan kita.

6. Pencegahan kanker

Vitamin B6 pada kentang ampuh melawan terjadinya pembentukan tumor dalam tubuh yang sangat memicu kanker, dalam hal ini adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita. Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker dalam tubuh dan telah banyak studi yang membuktikannya.

7. Mengurangi kadar kolesterol

Manfaat kentang dalam mengurangi kadar kolesterol berasal dari kandungan zat potasium yang cukup banyak dalam dirinya. Seperti yang dapat kita temui pada manfaat pisang, zat potasium membantu menghalangi penumpukan kolesterol dalam darah. Kalori yang rendah pada kentang, dapat menjadi menu diet rendah kolesterol anda, tentu saja tanpa di goreng.

8. Kesehatan Tulang

Kentang sangat baik untuk tulang, kandungan zat besi yang terdapat pada kentang memastikan ia sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan. Zat Besi, kalsium, fosfor, magnesium, dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun dan membentuk struktur serta kekuatan tulang.

9. Kesehatan Jantung

Ada banyak zat gizi yang terdapat di dalam sebuah kentang yang dapat mendukung kinerja jantung yang sehat, Serat, kalium, vitamin C dan vitamin B-6 adalah beberapa diantaranya. Kentang juga tidak memiliki kandungan kolesterol yang tinggi semuanya sangat baik untuk Jantung.

10. Membantu kinerja atletik

Ahli gizi dari Fitness Institute Universitas Texas Amerika Serikat, Victoria Jarzabkowski, mengatakan kentang membantu pemenangan para atlet. Sodium dan potasium yang dikandungnya akan membantu mengembalikan keseimbangan elektrolit setelah para atlet kehilangan cairan tubuh mereka lewat keringat.

11. Perawatan kulit

Kentang mengandung vitamin C, B6, kalium, magnesium, seng, dan fosfor. Semua bahan ini dapat membantu menjaga kulit untuk tetap halus dan sehat.

12. Membangun dan pembentukan sel

Vitamin B6 merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesan reaksi kimia yang dibutuhkan untuk membentuk sel dalam tubuh. Vitamin B6 dibutuhkan lebih dari 100 reaksi enzimatik, enzim sendiri adalah protein yang menyebabkan terjadinya reaksi kimia. Sebagian besar protein dan asam amino membutuhkan vitamin B6 untuk sintesis dalam pembentukan DNA dalam tubuh. Untuk itu vitamin B6 ini juga dibutuhkan untuk pembuatan sel sel baru dalam tubuh kita.

13. Mengurangi kusam pada kulit wajah

Disini kusam berarti, kulit wajah yang kering karena kurangnya vitamin E pada wajah. Sebab wajah cantik berseri membutuhkan tingkat kelembapan kulit normal yang bisa Anda dapat dari Vitamin E tadi. jadi, masker kentang bisa mengurangi dan mencegah munculnya kulit kering di wajah Anda.

14. Mengobati kulit terbakar akibat matahari

Panasnya sinar matahari biasanya akan merubah warna kulit Anda, jadi bukan terbakar seperti api hanya tampak kehitam-hitaman seperti habis terbakar. Terapkan irisan atau jus kentang pada kulit yang terbakar. Umbi-umbian ini bisa mendinginkan dan menenangkan kulit akibat dari sengatan sinar matahari.

15. Mencegah kulit wajah keriput

Kentang dapat mencegah keriput dan juga meminimalkan keriput di wajah. Terapkan konsumsi jus kentang secara teratur dan oleskan pada wajah Anda sebagai masker saat menjelang tidur malam.

16. Mengobati Wajah Berjerawat

Keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih. Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Dapat digunakan saat ingin tidur malam.

17. Mengurangi lingkaran hitam mata

Anda dapat menggunakan kentang untuk menyingkirkan lingkaran hitam di bawah mata Anda. Oleskan beberapa tetes kentang yang telah dihancurkan dan pijat daerah mata dengan lembut.

18. Mengobati mata bengkak

Setelah menangis atau terkena serangga maupun terlalu banyak tidur biasanya akan timbul bengkak di sekitar mata. Mengoleskan kentang dan mentimun bisa membantu mengurangi mata bengkak.

Oleskan pada bagian kelopak mata, atau bisa juga dipotong tipis-tipis dan ditempelkan menutupi mata. Lakukan sambil tiduran untuk memperoleh khasiatnya.

19. Mengurangi bintik gelap di wajah

Kentang dapat mengurangi bintik gelap bekas jerawat. Dimana keadaan wajah dengan jerawat sangat mengurangi penampilan, untuk mengatasinya dengan cara Kentang di iris tipis kemudian dicuci bersih.

Irisan kentang tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Angkat ketika kentang sudah keabu-abuan. Cocok Anda terapkan daat menjelang tidur malam.

20. Mengurangi rambut rontok

Kentang juga bisa mengurangi rambut rontok. Blender kentang dan tambahkan madu. Terapkan pada batang rambut secara teratur dan lihat hasilnya. Hal ini hampir sama dengan manfaat biji kemiri, yang dapat melebatkan dan memperkuat akar rambut.

Itulah postingan artikel tentang Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertamba serta artikel tersebut bisa menjadi salah satu bahan bacaan dan referensi anda. Sekian dan terima kasih.

Manfaat Kentang Bagi Kesehatan Dan Kecantikan | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply