20 Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol

Kandungan Gizi Dan 20 Manfaat Kol Buat Kesehatan – Kubis, kol, kobis, atau kobis bulat (terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea) adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun, ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran untuk kepala padat berdaunnya. Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kubis lapangan liar.

Kepala kubis umumnya berkisar 0.5 to 4 kilogram (1 to 9 lb), dan dapat berwarna hijau, ungu dan putih. Kubis hijau berkepala keras berdaun halus adalah yang paling umum, dengan kubis merah berdaun halus dan kubis savoy berdaun crinkle dari kedua warna terlihat lebih jarang. Kubis adalah sayuran yang berlapis-lapis. Dalam kondisi hari diterangi matahari panjang seperti yang ditemukan di garis lintang utara di musim panas, kubis dapat tumbuh jauh lebih besar. Beberapa rekor dibahas pada akhir bagian sejarah.

20 Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol

20 Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kubis, tapi itu kemungkinan besar didomestikasi di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM, meskipun savoy tidak dikembangkan sampai abad ke-16. Pada Abad Pertengahan, kubis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.

Kepala kubis umumnya diambil selama tahun pertama dari daur hidup tanaman, tetapi tanaman yang dimaksudkan untuk benih dibiarkan tumbuh tahun kedua, dan harus terus dipisahkan dari tanaman cole lain untuk mencegah penyerbukan silang. Kubis rentan terhadap beberapa kekurangan gizi, serta beberapa hama, dan penyakit bakteri dan jamur.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization, FAO) melaporkan bahwa produksi dunia kubis dan brassica lainnya untuk 2011 hampir 69 juta metrik ton (68 juta ton panjang; 75 juta ton singkat). Hampir setengah dari tanaman ini ditanam di Cina, di mana kubis cina adalah sayuran Brassica paling populer.

Kubis disusun dalam berbagai cara untuk makan. Mereka dapat diacar, difermentasi untuk hidangan seperti sauerkraut, dikukus, direbus, ditumis, atau dimakan mentah. Kubis merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan. Kubis terkontaminasi telah dikaitkan dengan kasus-kasus penyakit karena makanan pada manusia.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel yang membahas tentang Kandungan Gizi Dan 20 Manfaat Kol Buat Kesehatan. Baca dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya.

1. Antioksidan

Sayur kol juga dikenal sebagai pelawan kanker. Kol penuh fitonutrien, yang menghasilkan enzim yang terlibat dalam detoksifikasi tubuh. Enzim ini membantu untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa jenis kanker yang berbeda, termasuk paru-paru dan kanker prostat.

2. Mencegah kanker kanker

Kubis memiliki beberapa sifat yang efektif untuk melawan kanker seperti lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indol-3-karbinol (I3C), dan juga sulforaphane. Hasil dari sebuah penelitian yang dilakukan terhadap wanita di China ditemukan bahwa, mengkonsumsi kubis akan mengurangi resiko terkena penyakit kanker payudara.

3. Meningkatkan sistem imun

Kubis mengandung Vitamin C yang berkhasiat untuk melindungi tubuh dari efek radikal bebas serta meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

4. Mengurangi resiko katarak

Kandungan beta karoten yang cukup tinggi pada kubis bisa bermanfaat untuk mengurangi resiko seseorang terkena penyakit katarak.

5. Mencegah Sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada kubis berfungsi sebagai perangsang sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit.

6. Mengatasi radang lambung

Jus kubis mampu mengatasi gejala radang lambung. Hal ini disebabkan adanya kandungan glutamin yang tinggi di dalam kubis.

7. Merawat kulit

Kubis banyak mengandung antioksidan yang berkhasiat untuk membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas tersebut berpotensi menghadirkan tanda-tanda penuaan.

8. Membantu pembentukan sel darah merah

Zat besi merupakan komponen yang membuat proses pembentukan sel darah merah lebih produktif, sehingga menghindarkan diri dari gejala anemia. Mengkonsumsi kol dapat disandingkan dengan jus jeruk, karena manfaat jeruk mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dari manfaat kol.

9. Mengandung vitamin C

Tidak hanya buah-buahan seperti pada jeruk, anggur atau pada apel terdapat kandungan vitamin C, kol juga memilikinya sehingga akan menjadikan sistem imun yang lebih kuat. Vitamin C juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit seperti juga pada manfaat minyak zaitun dan manfaat minyak almond.

10. Menurunkan Berat Badan

Kol merupakan salah satu jenis sayuran yang paling dianjurkan untuk orang yang ingin menurunkan berat badan dengan cara alami yang sehat. Kol memiliki banyak kandungan vitamin yang bermanfaat, mineral, dan zat gizi lainnya, anda dapat memakan kol dalam jumlah yang banyak karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan rendah kalori, ia tidak akan menyebabkan berat badan anda.

11. Detoksifikasi Tubuh

Kandungan vitamin C yang tinggi dan sulfur dalam kol dapat membantu menghilangkan racun (radikal bebas). Radikal bebas ini adalah salah satu faktor penyebab utama arthritis, penyakit kulit, rematik dan asam urat.

12. Baik Untuk Otak

Kol atau kubis sumber sayuran yang sangat banyak vitamin K dan antosianin yang dapat membantu kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga dapat mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia. Oleh karenanya kubis sangat bermanfaat untuk kesehatan otak anda.

13. Baik Untuk Mata

Kubis adalah sumber sayuran yang kaya beta-karoten, sebagian besar orang, terutama yang sudah ‘berumur’, beralih rutin mengkonsumsi kubis karena kemampuannya untuk mencegah degenerasi makula dan dapat meningkatkan kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak. Zat beta karoten dari beberapa penelitian dapat mengurangi kanker prostat.

14. Anti Inflamasi

Kubis memiliki zat Anti-inflamasi dan merupakan sumber utama glutamin. Glutamine adalah agen anti-inflamasi yang kuat, sehingga mengkonsumsi kubis dapat mengurangi efek dari berbagai jenis penyakit seperti peradangan, iritasi, alergi, nyeri sendi, demam, dan berbagai gangguan kulit.

15. Kesehatan Tulang

Kol, sayuran yang sangat banyak mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, dan kalium. Mineral ini dikenal dengan kemampuannya untuk menjaga kesehatan tulang manusia.

16. Mengatasi Sakit Kepala

Menggunakan daun kubis yang dikompres hangat dapat membantu mengurangi rasa sakit pada kepala. Selain itu, menghancurkan daun kubis dan meletakkannya di dahi juga dapat meringankan sakit kepala. Untuk sakit kepala kronis, membuat jus kubis 25-50 ml dapat membantu membasmi sakit kepala tersebut.

17. Melancarkan BAB

Seperti manfaat sayuran lainnya, kubis atau kol juga dapat menjadi sayur yang memudahkan melancarkan BAB, kandungan serat sayuran sangat membantu melancarkan BAB.

18. Sehat untuk pencernaan

Sayuran kaya akan serat, termasuk kubis, untuk itu jenis kol akan membantu menyehatkan pencernaan di bandingkan dengan konsumsi daging.

19. Baik untuk janin

Setiap janin membutuhkan asam folat, untuk itu ibu hamil yang mengkonsumsi kol juga dapat membantu kebutuhan gizi asam folat dengan konsumsi kol.

20. Mengontrol tekanan darah tinggi

Kalium memang senyawa yang baik untuk mengurangi gejala hipertensi, tingginya kandungan kalium dalam Kol/Buncis membuatnya merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk darah tinggi.

Kandungan gizi kubis mentah setiap 100 gramnya :

  • Energi 103 kJ (25 kcal)
  • Karbohidrat 5,8 g
  • Gula 3,2 g
  • Diet serat 2,5 g
  • Lemak 0,1 g
  • Protein 1,28 g
  • Thiamine (Vit. B1) 0,061 mg (5%)
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,040 mg (3%)
  • Niacin (Vit. B3) 0,234 mg (2%)
  • Asam pantotenat (B5) 0,212 mg (4%)
  • Vitamin B6 0,124 mg (10%)
  • Folat (Vit. B9) 53 mg (13%)
  • Vitamin C 36,6 mg (61%)
  • Kalsium 40 mg (4%)
  • Besi 0,47 mg (4%)
  • Magnesium 12 mg (3%)
  • Fosfor 26 mg (4%)
  • Kalium 170 mg (4%)
  • Seng 0,18 mg (2%).

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini, yang berkaitan dengan 20 Manfaat Kol Dan Kandungan Gizinya Buat Kesehatan. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, pengetahuan dan wawasan anda semakin bertambah khususnya pada dunia kesehatan. Good luck.

20 Manfaat Dan Kandungan Gizi Sayur Kol | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply