Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun Mentimun, timun, atau ketimun (Cucumis sativus L.; suku labu-labuan atau Cucurbitaceae) merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Buahnya biasanya dipanen ketika belum masak benar untuk dijadikan sayuran atau penyegar, tergantung jenisnya. Mentimun dapat ditemukan di berbagai hidangan dari seluruh dunia dan memiliki kandungan air cukup banyak di dalamnya sehingga berfungsi menyejukkan. Potongan buah mentimun juga digunakan untuk membantu melembabkan wajah serta banyak dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Habitus mentimun berupa herba lemah melata atau setengah merambat dan merupakan tanaman semusim: setelah berbunga dan berbuah tanaman mati. Perbungaannya berumah satu (monoecious) dengan tipe bunga jantan dan bunga hermafrodit (banci). Bunga pertama yang dihasilkan, biasanya pada usia 4-5 minggu, adalah bunga jantan. Bunga-bunga selanjutnya adalah bunga banci apabila pertumbuhannya baik. Satu tumbuhan dapat menghasilkan 20 buah, namun dalam budidaya biasanya jumlah buah dibatasi untuk menghasilkan ukuran buah yang baik.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun

Buah berwarna hijau ketika muda dengan larik-larik putih kekuningan. Semakin buah masak warna luar buah berubah menjadi hijau pucat sampai putih. Bentuk buah memanjang seperti torpedo. Daging buahnya perkembangan dari bagian mesokarp, berwarna kuning pucat sampai jingga terang. Buah dipanen ketika masih setengah masak dan biji belum masak fisiologi. Buah yang masak biasanya mengering dan biji dipanen, warnanya hitam.

Pada kesempatan yang sama berbahagia ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun. Baca dan simaklah dengan sebaik-baiknya.

1. Kurangi Resiko Kanker

Timun mengandung polifenol yang disebut lignan. Zat ini berpotensi mengurangi resiko kanker tertentu. Timun juga mengandung unsur aktif tanaman kukurbitasin yang memiliki sifat anti kanker.

2. Melindungi Tulang

Timun adalah sumber vitamin K. Satu cangkir mengandung 22 persen vitamin K porsi harian yang direkomendasikan. Vitamin ini penting bagi kesehatan tulang. Kekurangan vitamin K bisa meningkatkan resiko patah tulang. Vitamin K juga penting untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam tulang.

Manfaat ketimun bagi kesehatan sangat beragam, mengkonsumsi ketimun akan menambah asupan berbagai zat yang penting untuk tubuh. Berikut adalah ulasan berbagai manfaat mentimun untuk kesehatan tubuh manusia.

3. Kurangi Bau Mulut

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri dalam mulut. Sayuran berserat dengan kandungan air yang tinggi, seperti timun, bisa menambah produksi air liur yang bisa membantu membersihkan bakteri penyebab bau mulut.

4. Melindungi Otak

Di dalam ketimun terdapat sejumlah zat yang bernama flavanol (fisetin), yang memiliki manfaat dalam peningkatan memori dan melindungi sel-sel saraf, dari penurunan fungsi otak yang berkaitan dengan usia. Pada penelitian yang dilakukan oleh tikus, senyawa fisetin ini memberikan perlindungan secara progresif terhadap gangguan Alzheimer.

5. Asupan Antioksidan

Ketimun memang kaya dengan beragam jenis antioksidan juga terdiRI dari :

  • flavonoid
  • quercetin
  • apigenin
  • luteolin
  • kaempferol
  • termasuk vitamin C dan beta karoten

Antioksidan dapat membantu melawan pertumbuhan gejala kanker dan menurunkan resiko penyakit kronis termasuk penyakit jantung.

6. Menjaga asupan air bagi tubuh

Ketimun mengandung 96% kadar air yang lebih baik dibanding air biasa. Memekan ketimun, dapat menghindarkan diri dari dehidrasi dan tentunya membantu menetralkan toksin dalam tubuh.

7. Menyehatkan Jantung

Kandungan dalam jus mentimun berupa kalium seperti pada manfaat pisang, juga magnesium dan serat yang sangat baik dikonsumsi bagi penderita darah tinggi atau pun rendah. Keseimbangan kalium di dalam maupun di luar sel-sel sangat penting bagi tubuh, untuk mengontrol keadaan tekanan darah dalam tubuh.

Sebagai elektrolit, kalium adalah ion yang memiliki muatan positif yang harus dipertahankan dalam konsentrasi tertentu (sekitar 30 kali lebih tinggi dalam daripada di luar sel) dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal ini meliputi interaksi zat terhadap sodium, untuk membantu transmisi impuls kontrol saraf, kontraksi otot, dan fungsi jantung.

8. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, yang bekerja seperti manfaat apel untuk diet. Membuat camilan dengan mengisi satu cangkir mentimun, hanya mengandung 16 kalori. Serat larut dalam mentimun bertekstur seperti gel dalam usus, yang membantu untuk memperlambat pencernaan. Perut akan merasa kenyang lebih lama dan inilah yang merupakan salah satu alasan, mengapa makanan kaya serat dapat membantu mengontrol berat badan.

9. Baik untuk kesehatan gigi dan gusi

Mengunyah mentimun dapat merangsang kelenjar air liur untuk memproduksi lebih banyak dan dapat mengurangi zat asam pada rongga mulut serta bekteri yang tumbuh di dalamnya. Penyakit gusi lain seperti pyorrea secara efektif dapat diobati oleh ketimun.

10. Mendukung Pencernaan Yang Sehat

Pada mentimun terdapat 2 komposisi dasar yang paling kaya keberadaannya, dan paling diperlukan n untuk pencernaan yang sehat yaitu air dan serat. Kandungan serat dan air yang melimpah membersihkan usus dari racun. Kulit mentimun mengandung serat larut, yang membantu menambah kebutuhan buang air besar. Hal ini membantu makanan bergerak melalui saluran pencernaan yang lebih cepat untuk pencernaan sehat.

11. Menjaga Berat Badan yang Sehat

Ketimun sangat rendah kalori, namun mereka membuat camilan mengisi (satu cangkir irisan mentimun hanya mengandung 16 kalori) .8 serat larut dalam mentimun larut ke tekstur seperti gel dalam usus Anda, membantu untuk memperlambat pencernaan Anda. Ini akan membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan merupakan salah satu alasan mengapa makanan kaya serat dapat membantu dengan kontrol berat badan.

12. Membantu menyembuhkan gejala penyakit rematik dan asam urat

Vitamin A, B, Folat, Kalium, Magnesium dalam mentimun yang dicampur dengan jus wortel untuk mendapatkan manfaat wortel, mampu meredakan nyeri astritis dan kadar asam urat dalam tubuh.

Kandungan Gizi Pada Buah Ketimun

Ketimun terdiri dari 95% air dan secara alami rendah kalori, lemak, kolesterol dan sodium. Menurut USDA National Database Gizi, 1 cangkir irisan mentimun dengan kulitnya (sekitar 119 gram) mengandung :

  • 115 gram air
  • 16 kalori
  • 0,8 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 2,9 gram karbohidrat (termasuk 0,9 gram serat dan 1,8 gram gula)

Di dalam secangkir ketimun ini, juga mencukupi kebutuhan harian zat seperti 11% dari vitamin K, 4% vitamin C, magnesium, kalium dan mangan dan 2% dari vitamin A, thiamin, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, kalsium, zat besi, fosfor, seng dan tembaga.

Demikianlah postingan artikel mengenai Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, wawasan dan pengetahuan anda semakin bertambah khususnya di dunia kesehatan. Good luck.

Manfaat Dan Kandungan Gizi Buah Mentimun | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply