Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia

Sunday, March 12th, 2017 - Tips Kesehatan

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia – Pada kesempatan kali ini. Tipsperawatan.com akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel bermanfaat. Untuk lebih detailnya, langsung saja anda menyimak penjelasan artikel di bawah ini :

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia

Nama Lokal tanaman ini adalah : Jarong, kembang landep (Sunda), landep (Jawa). Bunga landak (Sumatera). landhep (Madura). Katshare’ya, kurantak (India, Pakistan), Percufine flower (Inggris).

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia :

  • Menyembuhkan penyakit kulit seperti kurap dan panu
  • Mengatasi gusi bengkak, nyeri dan berdarah
  • Meringangkan rematik dan sakit pinggang
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Mengatasi nyeri saat sakit perut
  • mengeluarkan caci dalam tubuh
  • Meringangkan radang telinga
  • Menurunkan deman
  • Peluruh kencing
  • Dan lain sebagainya

Ciri-ciri Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia :

Tanaman Landep berasal dari daerah Asia Tropis dan daerah Afrika Selatan. Landep biasa tumbuh di tempat yang beriklim kering, di Indonesia tanaman Landep bisa ditemui di daerah dataran rendah sampai dengan ketinggian 400 meter di atas permukaan laut.

Tanaman Landep tergolong jenis tanaman perdu, tingginya bisa mencapai 1,5 – 2 meter, tak heran kalau tanaman ini ditanam untuk digunakan sebagai pagar.

Batangnya berkayu, berbuku-buku dan terdapat duri pada setiap ketiak daunnya. Tanaman landep mengandung beberapa senyawa kimia seperti flavonoid, saponi, polifenol dan tannin.

Bagian dari tanaman Landep yang biasa digunakan untuk pengobatan yaitu daun dan akarnya. Daun tanaman Landep bermanfaat untuk pengobatan sakit perut, beser mani, nyeri pada gusi gigi, kudis, kencing kurang lancar, demam sakit pinggang dan rematik. Sedangkan akarnya bermanfaat untuk mengatasi cacingan.

Sifat kimiawi dan efek farmakologis :

  • Daun memiliki bau yang lemah, rasa agak kelat.

Kandungan kimia Tanaman Obat Herbal Landep :

  • Daun landep mengandung saponin, flavonoida, tanin, garam kalium, dan silikat sedangkan akar mengandung saponin, flavonoida, dan polifenol.

Efek farmakologis dan hasil penelitian :

  1. Rebusan daun landep dan daun kumis kucing yang diberikan pada tikus putih menunjukkan kenaikan pengeluaran air kencing secara bermakna. Antara rebusan daun landep konsenttasi 20%, 40%, dan rebusan daun kumis kucing konsentrasi 10%, 40% tidak menunjukkan perbedaan bermakna (trifena fenny gowinda, fak. Farmasi univ. Widya mandala, 1992).
  2. Lebih tinggi konsentrasi infus daun landep terhadap kelarutan batu ginjal kalsium dan kalium secara in vitro, bahan yang terlarut semakin banyak, kecuali kalsium, konsentrasi tertinggi 7,5% (sudarmono, fak. Farmasi ugm, 1990).

Demikianlah infomasi dan artikel pada kesempatan kali ini yang membahas mengenai Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda tidak usah capek-capek membeli obat tablet yang mengandung zat kimia, cukup anda mencari tanaman obat herbal Landep yang satu ini. Karena mengingat khasiat dan manfaatnya sungguh sangat luar biasa buat kesehatan tubuh manusia.

Khasiat Dan Manfaat Tanaman Obat Herbal Landep Buat Kesehatan Tubuh Manusia | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply