Cara Tradisional Menghilangkan Komedo

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo – Komedo adalah pori-pori yang tersumbat, bisa terbuka atau tertutup. Komedo yang terbuka (Blackhead), terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Komedo yang tertutup (whitehead) memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga terlihat seperti tonjolan putih kecil. Jerawat jenis komedo ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan  informasi dan artikel yang berkaitan dengan Cara Tradisional Menghilangkan Komedo. Baca dan perhatikanlah dengan sebaik-baiknya penjelasan artikel berikut di bawah ini :

1. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Gelatin dan Susu

Campuran gelatin dengan susu dapat membentuk scrub lengket yang dapat menarik komedo keluar dari pori-pori. Gelatin berperan sebagai pengangkat komedo dikarenakan teksturnya yang dapat menarik minyak. Susu dapat melembutkan kulit sekaligus memberikan efek soothing pada permukaan kulit.

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo

Caranya adalah campur 1 sendok makan bubuk gelatin (tanpa rasa) dengan 1 1/2 sendok makan susu bubuk atau susu sapi secukupnya. Kemudian aduk hingga merata kemudian panaskan selama 10 detik. Selanjutnya oleskan scrub pada bagian yang terdapat komedo.

Kemudian biarkan scrub mengering selama 10 menit, tarik scrub hingga lepas. Dan terakhir, bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

2. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Lemon

Lemon masih satu keluarga dengan buah jeruk, cuman ia memiliki rasa yang lebih masam dari jeruk pada umumnya. Meski demikian, lemon ternyata mengandung vitamin C dan zat asam yang dapat membantu mengangkat komedo. Buah satu ini sangat cocok untuk mennghilangkan komedo hitam yang membandel.

Cara menghilangkan komedo hitam dengan lemon :

  • Siapkan buah lemon segar 1 saja, belah jadi 2 bagian.
  • Bilas wajah dengan air hangat agar pori terbuka dan rileks.
  • Gosokan potongan lemon tadi keseluruh area wajah, terutama yang ada komedonya.
  • Diamkan selama 5-10 menit, meski terasa agak perih.
  • Setelah meresap, bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Jeruk Nipis

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang dimiliki jeruk nipis teruji klinis mampu menghilangkan komedo dari dalam sekaligus dari luar kulit. Karena itu beberapa kosmetik menggunakan bahan baku jeruk nipis untuk mendapatkan manfaat yang baik bagi kulit terutama kulit berminyak yang sering bermasalah dengan komedo. Lakukan perawatan kulit Anda yang berkomedo menggunakan jeruk nipis dengan memotong buahnya menjadi dua dan peras airnya. Perasan jeruk nipis ini gunakan sebagai masker yang dioleskan pada kulit wajah terutama pada daerah yang berkomedo.

Setiap kali Anda menerapkan atau mengoleskan air perasan jeruk nipis ke kulit wajah Anda, lakukan pijatan lembut pada daerah yang berkomedo. Tujuan pijatan ini adalah untuk memudahkan komedo terangkat dari pori-pori kulit. Diamkan 10-15 menit atau tunggu hingga kering jeruk nipis yang Anda oleskan pada wajah. Lakukan bilasan dengan air hangat pada wajah Anda. Komedo akan terangkat dan luruh bersama air saat Anda membilas wajah Anda. Kulit wajah Anda akan terasa lebih halus dan tanpa komedo.

4. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Pepaya

Dulu saya pernah membahas mengenai manfaat pepaya. Selain bagi kesehatan, ternyata buah kaya serat ini juga baik untuk merawat kulit, termasuk salah satunya menghilangkan komedo di hidung, dahi, dan area wajah lainnya. Bahkan dengan penggunaan rutin, pepaya mengandung vitamin E tinggi yang bisa menjaga kesegaran dan kelembaban kulit alami.

Cara membersihkan komedo dengan pepaya :

  • Haluskan daging buah pepaya matang sekiranya 1 cangkir.
  • Campur dengan 1 sdt kopi sampai membentuk adonan pasta.
  • Oleskan merata keseluruh bagian wajah, terutama area komedo.
  • Jangan lupa pijat sebentar agar komedo terangkat.
  • Diamkan sampai terasa kaku, kemudian bilas air hangat.

5. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan rambut kepala. Lidah buaya juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo yang seringkali mengganggu tampilan kulit wajah Anda. Kandungan mineral yang ada pada lidah buaya diindikasi mampu mengangkat dan menghilangkan komedo pada kulit wajah. Gunakan daging lidah buaya yang dioleskan pada wajah Anda.

Jangan lupa untuk melakukan pijatan-pijatan lembut setiap kali Anda oleskan lidah buaya ke kulit wajah Anda. Lakukan pijatan terutama pada daerah yang banyak ditumbuhi komedo. Pijatan ini akan membuat komedo mudah terangkat saat nanti dilakukan pembilasan pada wajah. Diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas menggunakan air hangat. Anda akan merasakan sendiri khasiat lidah buaya dalam menghilangkan komedo pada kulit wajah Anda.

6. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Tomat

Bahan alami lain yang bermanfaat untuk menghilangkan komedo adalah tomat. Selain mengandung vitamin C yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kesegaran kulit, tomat juga mengandung vitamin E yang mampu mengangkat kulit mati dan menutup pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat ditekan dan pertumbuhan komedo dapat dicegah.

Gunakan tomat sebagai masker wajah dengan menghaluskannya dan dicampurkan dengan minyak zaitun. Oleskan masker tomat pada wajah terutama daerah yang berkomedo, hingga masker mengering. Lakukan bilasan untuk merasakan hasil perawatan cara menghilangkan komedo secara alami, cepat, dan ampuh menggunakan tomat.

7. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Buah Pala

palaUntuk Anda yang memiliki kulit berminyak, Anda bisa menggunakan buah pala untuk membasmi komedo membandel. Selain dijamin dapat mengangkat komedo, permukaan kulit juga akan terasa lebih halus. Agar lebih mild, sangat direkomendasikan untuk mencampurkan susu dengan buah pala. Susu mengandung asam laktat yang mampu memecah sel-sel kulit tua saat Anda membilas wajah.

Kumpulkan semua bahannya dan ikuti langkah-langkah berikut ini larutkan bubuk buah pala bersama susu hingga membentuk tekstur seperti pasta, kemudian bersihkan wajah hingga bersih. Selanjutnya oleskan pasta tadi pada bagian yang terdapat komedo dengan gerakan melingkar agar pasta terserap dengan baik ke dalam pori-pori. Kemudian lakukan hal di atas selam 5 menit dan terakhir bilas wajah hingga bersih.

8. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Putih Telur

Untuk Anda yang selalu punya putih telur lebih di rumah, jangan lagi dibuang karena putih telur ini dapat Anda manfaatkan. Sifatnya yang lengket dapat mengangkat komedo. Walaupun putih telur memiliki bau yang amis, tidak ada ruginya untuk mencoba treatment ini karena selain mudah, komedo juga akan terangkat.

Caranya sangat mudah sama seperti ketika kita menggunakan masker pada umumnya, yaitu bersihkan wajah hingga bersih menggunakan air hangat agar pori-pori terbuka, kemudian oleskan putih telur di bagian-bagian yang terdapat komedo seperti hidung dan dagu.

Selanjutnya biarkan mengering, setelah mengering, buat lapisan kedua, siamkan kembali selama 15 menit. Kemudian gosok masker putih telur yang sudah mengering tersebut dengan kain basah secara perlahan hingga lepas semua. Terakhir bilas wajah Anda dengan air dingin agar pori-pori tertutup.

9. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Teh Hijau

Teh Hijau mengandung banyak zat akntioksidan dan vitamin yang dapat menyehatkan sel kulit. Selain mengatasi masalah penuaan, jerawat dan kulit kusam, teh hijau juga dapat menghancurkan timbunan komedo di dalam pori-pori kita.Tentu teh hijau ini dapat menjadi treatment favorit kita karena bukan hanya kaya manfaat, teh hijau juga dapat memberikan efeksoothing pada kulit.

Langkah-langkah yang perlu Anda lakukan yakni seduh teh hijau seperti biasa, siamkan teh sampai menjadi hangat. Kemudian bersihkan wajah hingga bersih, bilas area yang terdapat komedo dengan air teh hijau. Caranya tepuk pelan kulit agar air teh hijau terserap ke dalam pori-pori, kemudian diamkan selama 5 menit. Lalu terakhir, bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

10. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah-rempah yang bersifat antibakteri. Selain dapat membunuh kuman penyebab jerawat, kayu manis yang beraroma khas ini juga dapat menghancurkan timbunan komedo di dalam pori-pori. Kita dapat menggunakan kayu manis sebagai masker wajah alami yang menutrisi kulit.

Kita dapat menggunakan madu agar kayu manis dapat menempel pada wajah. Caranya cukup mudah, yaitu campur bubuk kayu manis dengan madu hingga membentuk pasta. Selanjutnya oleskan pasta ke seluruh wajah atau hanya pada bagian yang terdapat komedo saja. Diamkan selama 15 menit dan bilas wajah hingga bersih dengan air dingin.

11. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Kacang kedelai

Hampir sama dengan putih telur, kacang kedelai juga mengandung protein tinggi. Bedanya, protein dalam kacang kedelai bersifat nabati sedangkan putih telur hewani.

Selain mengandung protein, kacang kedelai juga diperkaya serat terlarut yang bisa membantu mengangkat kotoran di pori, flek hitam, bakteri, dan bahkan komedo membandel.

Cara menghilangkan komedo dengan kacang kedelai :

  • Haluskan kacang kedelai seperlunya. Agar lebih mudah gunakan blender.
  • Selanjutnya gosokan halusan kacang tersebut ke area komedo.
  • Diamkan menempel selama 10 menitan, lalu bilas air hangat.

12. Cara Tradisional Menghilangkan Komedo dengan Garam

Garam merupakan salah satu bahan wajib saat memasak. Saya yakin, semua
orang tentu sudah mengenal garam. Yup, bahan hasil laut ini ternyata memiliki kandungan yodium tinggi yang dapat membantu mengangkat komedo. Namun agar kulit tak mengalami iritasi, sebaiknya hentikan pemakaian setelah komedo hilang ya.

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan garam :

  • Sediakan garam secukupnya saja, lalu haluskan dengan menumbuk.
  • Tambahkan sedikit air perasan lemon sampai garam larut.
  • Gosokan perlahan ke area komedoan selama 10 detik.
  • Diamkan sejenak kurang lebih 30 menitan, lalu bilas air hangat.

Demikianlah postingan artikel tentang Cara Tradisional Menghilangkan Komedo. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda tidak lagi mengeluarkan jumlah uang begitu banyak untuk pergi berobat ke dokter karena tips di atas sungguh sangat manjur dan berhasil.

Cara Tradisional Menghilangkan Komedo | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply