Thursday, 18 December 2014

Cara Perawatan Laptop

Cara Perawatan LaptopLaptop merupakan alat mahal jadi sangat wajar jika kita harus memperhatikan dan merawat laptop dengan baik. Sebagai pengguna laptop kita harus mengetahui cara perawatan laptop dengan baik.

Laptop pada dasarnya alat elektronik yang memerlukan perhatian khusu karena harganya yang tidak murah. Pada dasarnya laptop sering mengalami kerusakan diakibatkan oleh kurang pahamnya pengguna laptop dalam menggunakan laptop sesuai dengan yang dianjurkan oleh perusahaan.

Setiap barang elektronik atau barang yang kita beli pasti memiliki buku panduan agar alat tersebut bisa awet dan digunakan sesuai dengan prosedur yang telah dibuat oleh perusahaan. Oleh karena itu sangat penting membaca panduan penggunaan laptop dengan baik tapi terkadang pengguna laptop tidak mengindahkan hal ini.

Cara Perawatan Laptop

Untuk menghindari atau meminimalkan kerusakan laptop kesayangan ada beberapa tips yang wajib untuk simak. Berikut tips cara perawatan laptop.

1. Menjaga Laptop agar tidak terhimpit atau tertekan benda berat

Meletakkan barang dengan berat yang tidak mampu ditanggulangi oleh laptop akan membuat kondisi LCD laptop anda menjadi rusak, seperti yang kita ketahui bahwa komponen termahal dari sebuah laptop adalah LCD nya jadi wajar sekiranya kita menempatkan tips ini pada peringkat pertama untuk diperhatikan. Laptop sering kali dimasukkan kedalam tas, dan tas tersebut sudah sesak dengan buku-buku kuliah ataupun benda-benda lainnya.

Cara yang baik membawa sebuah laptop adalah dengan memberi ruang yang agak lega pada tas agar laptop tidak terhimpit ataupun tertekan beban yang berat, membeli tas khusus untuk laptop akan sangat membantu perawatan pada LCD laptop anda.

2. Menjaga Ketahanan Baterai dan selalu menggunakannya

Baterai laptop adalah bagian yang paling sering terkena masalah, masalah yang paling sering ditemui pada laptop adalah usia ketahanan baterai yang kian menurun dari tahun ke tahun, perlunya mengetahui bagaimana cara menggunakan baterai dan cara mengecas yang baik akan membantu memperpanjang ketahanan laptop anda.

Sebaiknya Ketika masih baru anda menjalankan laptop seperlunya, dan ketika menggunakannya jangan mencabut baterai dan menghubungkan langsung cas nya dengan listrik, ini karena baterai laptop tersebut berguna sebagai stabilizer saat tegangan masuk kedalam laptop, sehingga ketika terjadi ketidak seimbangan tegangan maka kondisi perangkat keras laptop akan tetap terjaga.

3. Membersihkan debu setiap tiga hari sekali

Laptop yang digunakan ataupun tidak sebaiknya tetap dijaga kebersihannya, ini bukanlah hal sepele, namun beberapa kerusakan perangkat dalam pada laptop dapat segera aus karena kondisi yang kurang terawat, apa lagi buat yang rutin menggunakannya dan seorang perokok, perlunya membeli kuas dan membersihkannya setiap kali telah digunakan akan sangat membantu dalammerawat laptop anda.

4. Penggunaan Cooling Pad agar kondisi udara Prosesor tetap terjaga

Cooling pada tidak hanya digunakan saat kondisi ruangan saat menggunakan laptop terasa panas, sirkulasi udara dibawah laptop terkadang terhambat oleh partikel-partikel ataupun debu yang berada dimeja, membantu sirkulasinya denga cooling pada akan sangat membantu mempertahankan suhu laptop anda

5. Sebaiknya menggunakan laptop pada permukaan yang datar dan tidak menyerap panas

Kasur ataupun karpet adalah bahan yang tidak datar dan terkadang membuat udara panas berkumpul, sangat disarankan untuk tidak menggunakannya di atas kasur ataupun pada bidang yang berupa bahan empuk yang menyerap panas lainnya. Kondisi yang datar akan membantu piringan hardisk berputar dengan baik, kemiringan dapat membuat salah satu atau lebih komponen dapat berjalan tidak maksimal.

6. Usahakan agar laptop tidak tersiram benda cair dan menutupnya ketika telah digunakan

Kita terkadang menempatkan minuman disamping laptop, entah itu kopi, teh ataupun minuman lain, kehati-hatian agar tidak tumpah dan mengenai laptop akan membuat laptop tetap awet, tumpahan benda cair ini akan membuat korslet jika tidak mendapat penanganan secara cepat saat terjadi insiden tersebut.

Menutup laptop setelah digunakan untuk menghindari benda tumpah pada bagian keyboard laptop anda juga dapat menjadi tips tambahan yang baik untuk diterapkan, namun sebelumnya perlu kita ketahui bahwa jangan sering-sering menutup langsung laptop anda ketika telah digunakan sampai kondisi suhu laptop anda agak dingin, hal ini terkadang dapat mempengaruhi LCD laptop anda.

Kata Kunci :

tata cara penggunaan dan perawatan teknologi,buku tema tata cara penggunaan dan perawatan teknologi,cara merawat laptop dalam bahasa inggris,cara perawatan teknologi,perawatan teknologi,alat perawatan laptop dan harga,Tata cara perawatan teknologi,Tata cara yang baik mengecas hp,tatacara penggunaan dan perawatan teknologi,teks prosedur bahasa inggris cara mengecas laptop

Related Posts to "Cara Perawatan Laptop"

Response on "Cara Perawatan Laptop"

Muhammad Risalon Google+
Jasa Like Fanpage Facebook Murah