Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap SehatPengertian Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada hewan vertebrata memiliki dasar yang sama dari ikan sampai manusia, dengan beberapa variasi sesuai dengan fungsi dan spesies.

Setiap vertebrata memiliki satu pasang telinga, satu sama lainnya terletak simetris pada bagian yang berlawanan di kepala, untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara.

Suara adalah bentuk energi yang bergerak melewati udara, air, atau benda lainnya, dalam sebuah gelombang. Walaupun telinga yang mendeteksi suara, fungsi pengenalan dan interpretasi dilakukan di otak dan sistem saraf pusat. Rangsangan suara disampaikan ke otak melalui saraf yang menyambungkan telinga dan otak (nervus vestibulokoklearis).

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat

Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi dan artikel terbaru yang membahas tentang Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat. Untuk lebih lengkapnya dan detailknya, silahkan anda menyimak artikel berikut dengan sebaik-baiknya.

1. Hindari penggunaan headset untuk mendengarkan musik

Hal ini disebabkan karena selain volume suara yang dihasilkan akan cenderung lebih besar terdengar langsung ke telinga Anda, penggunaan headset ini akan lebih banyak menyebarkan bakteri yang bersarang dari headset Anda ke telinga Anda tersebut. Terlebih jika Anda menggunakan headset tersebut dalam jangka waktu yang lama dan juga sampai telinga Anda terasa lembap, itu sudah dipastikan bakteri sudah berpindah ke telinga Anda.

2. Jangan membersihkan telinga terlalu sering

Jangan membersihkan telinga terlalu sering, terlebih Anda tidak diperkenankan menggunakan kapas untuk membersihkan telinga Anda. Di dalam telinga Anda terdapat bakteri baik yang menjaga agar pendengaran Anda tetap baik, apabila Anda membersihkan telinga terlalu sering maka bakteri baik tersebut akan turut terbuang oleh Anda. Anda juga tidak dibolehkan menggunakan kapas ketika membersihkan telinga sebab, kotoran telinga Anda akan semakin terdorong ke dalam bukannya keluar.

3. Hindari Kebiasaan Buruk Pada Telinga

Mulai sekarang, jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.

4. Hindari Kebisingan Parah

Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampaui tinggi tersebut seperti suara gergaji mesin, suara musik yang terlalu keras dan lain-lain.

5. Menuju Ke Tempat Yang Tenang

Usahakan untuk tidak berlama-lama berada di sebuah tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang terlampaui tinggi. Dalam hal ini, segeralah berpindah dari tempat-tempat yang memekakkan telinga anda tersebut.

6. Gunakan Penyumbat Telinga

Jika anda harus berada di suatu tempat yang memiliki tingkat kebisingan yang tinggi, maka ada baiknya menggunakan penyumbat telinga yang dapat mengurangi kerasnya suara yang masuk ke lubang telinga.

7. Jauhi Cerutu

Ada fakta unik yaitu terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Dalam hal ini, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.

Demikianlah informasi dan penjelsan artikel yang kami bagikan kepada anda semua. Semoga adanya artikel di atas, mampu dan dapat menjaga kesehatan telingan anda berfungsi dengan baik. Karena telinga adalah salah satu alat pendengaran yang penting dan berguna bagi manusia. Semoga bermanfaat.

Cara Menjaga Telinga Agar Tetap Sehat | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply