Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik

Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang BaikPengertian Tidur adalah keadaan istirahat alami pada berbagai binatang menyusui, burung, ikan, dan binatang tidak bertulang belakang seperti lalat buah Drosophila. Pada manusia dan banyak spesies lainnya, tidur penting untuk kesehatan.

Tanda tanda kehidupan seperti kesadaran, puls, dan frekuensi pernapasan mengalami perubahan. Dalam tidur normal biasanya fungsi saraf motorik juga saraf sensorik untuk kegiatan yang memerlukan koordinasi dengan sistem saraf pusat akan diblokade, sehingga pada saat tidur cenderung tidak bergerak dan daya tanggap pun berkurang

Fase peralihan dari sadar ke tidur disebut sebagai pradormitium dan fase peralihan dari tidur kembali ke sadar disebut sebagai postdormitium. Di dalam ilmu kedokteran ilmu yang mempelajari gangguan tidur disebut sebagai somnologie.

Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik

Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik

Baiklah, langsung saja anda menyimak artikel yang membahas tentang Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik. Baca dan simaklah penjelasannya berikut di bawah ini :

1. Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur

Ini mirip dengan poin no 5. Ketika anda mengobrol dengan teman anda di telepon, otak anda saat itu berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak anda sebelum anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

2. Lingkungan tidur anda

Jika anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan anda menyelimuti diri anda sebelum tidur sehingga anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

3. Hindari Makan Dan Minum Sebelum Tidur

Anda sebaiknya tidak makan sebelum beranjak tidur dan minum berlebihan ketika beranjak tidur. Ini juga akan menganggu kualitas tidur nyenyak anda. Usahakan jangan minum kopi, merokok atau meminum minuman beralkohol menjelang tidur. Karena hal itu pula yang menganggu kenyamanan tidur anda.

4. Kamar Tidur Yang Tenang Dan Nyaman

Membuat kondisi kamar anda lebih nyaman untuk tidur. Ini dapat dilakukan dengan mendengarkan musik yang beralunan lembut maupun menggunakan lampu kamar yang redup juga dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak. Usahakan mematikan tv sebelum berangkat tidur. Agar tidak menganggu tidur anda di larut malam dengan kondisi tv yang masih menyala.

5. Tetapkan Jam Tidur

Anda harus menetapkan waktu tidur dan bangun yang tepat. Jadi jika anda tidur pada jam yang sudah anda tentukan, anda harus sudah pergi ketempat tidur. Lakukan ini setiap hari. Begitu juga dengan ketika anda bangun, anda harus juga menetapkan bangun pada waktu yang sudah anda tentukan dan lakukan ini setiap hari.

6. Pastikan lampu kamar anda padam

Sangat disarankan jika kita tidur dalam keadaan kamar yang gelap. Hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat kita beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur kita. Saya pernah membaca sebuah artikel yang mengatakan bahwa efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh kita.
Biasanya jika ruangan tempat kita beristirahat dalam keadaan gelap, tidur kita akan nyenyak dan jarang sekali terjaga.

7. Kasur Yang Nyaman

Usahakan tempat tidur yang anda gunakan dapat membuat anda sangat nyaman. Dalam hal ini jangan terlalu sempit sehingga anda sulit bergerak dikasur atau tempat tidur yang anda tempati.

8. Batasi Tidur Siang

Jika ingin kualitas tidur malam anda lebih nyenyak. Maka anda harus membatasi tidur siang anda. Dalam hal ini jangan sampai tidur siang anda terlalu lama. Usahakan tidur siang selama 10-30 menit saja. Hal ini untuk menjaga kualitas tidur malam anda lebih nyenyak.

9. Olahraga Pagi

Usahakan mengolahraga tubuh anda setiap hari. Ini bisa dilakukan di waktu pagi hari dengan olahraga pagi. Hal ini dapat membantu membuat kualitas tidur anda lebih terasa nyenyak.

10. Kelola Pekerjaan Dengan Baik

Jika anda memiliki banyak tugas untuk esok hari atau memiliki banyak masalah esok harinya. Ada baiknya anda mencatatnya dalam buku yang berisi tentang tugas yang akan anda lakukan esok harinya atau berisi tentang segala solusi tentang berbagai masalah anda. Ini juga dapat membantu kualitas tidur anda lebih baik dan nyenyak.

Demikianlah postingan artikel mengenai Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih memperhatikan dan menjaga kualitas tidur anda dengan sebaik-baiknya.

Cara Menjaga Kualitas Tidur Yang Baik | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply