Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia

Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia – Pada kesempatan kali ini, admin tak ada henti-hentinya untuk memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia. Untuk lebih lengkapnya, langsung saja anda menyimak ulasan artikel berikut :

Anatomi tulang manusia merupakan aset tubuh yang harus di jaga dan di rawat sampai tua. Sebab rangka ini merupakan pondasi tubuh anda berdiri, bergerak, dan melakukan aktivitas.

Dari mulai anda lahir, sampai tua nanti, rangka inilah yang akan menopang tubuh anda. pada tahap usia awal, seperti satu tahun dan sampai setelahnya, tulang masih dalam masa perkembangan dan penguatan. Sedangkan pada usia tua, massa tulang sudah tidak lagi baik dan kuat. Beberapa sel akan mulai berkurang.

Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia

Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia

Fungsi rangka manusia ini adalah untuk pelindung dan penjaga organ organ penting yang ada. Jadi ketika anda jatuh, yang pertama kali menghalau dan melindungi organ vital anda adalah tulang ini. Setelah tulang, barulah organ yang ada di bawahnya.

Beberapa tulang rangka yang berguna untuk menjaga organ di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Tulang tengkorak

Merupakan bagian yang paling krusial, sebab menjaga bagian tubuh yang paling penting. Yakni bagian bagian otak yang berguna untuk mengontrol semua pergerakan tubuh. Selain itu juga ada bagian alat indra, misalnya alat penglihatan (mata), alat pembau (hidung), alat penciuman (hidung), serta alat perasa (lidah)

2. Tulang ruas ruas leher

Merupakan tulang yang melindungi bagian leher tempat urat nadi. Bagian ini sangat krusial pula, sebab jika sampai terkeba gesekan yang mampu merobek pembuluh darah, orang tersebut tidak mampu bertahan lama. selain itu bagian tulang ruas leher ini juga menjaga keberadaan kerongkongan dan tenggorokan.

3. Tulang dada

Selain otak, bagian yang penting dan perlu di jaga adalah organ yang ada di dalam tulang dada. Terdapat jantung dan paru paru yang merupakan oknum paling penting dalam proses pernafasan dan alat alat pernafasan lainnya. Selain itu, juga terdapat saluran pencernaan yang berguna untuk memproses makanan yang masuk ke dalam perut. Kemudian hasilnya di gunakan untuk beraktivitas.

4. Tulang pinggul

Merupakan tulang yang berada di bagian bawah perut. Fungsinya untuk menjaga organ yang berperan dalam proses pencernaan. Selain itu juga terdapat organ organ yang berguna dalam proses reproduksi. Bagian ini penting dalam pembuatan keturunan.

Selain menjaga organ organ penting, rangka tubuh juga berguna untuk membentuk tubuh seseorang. Misal anda bisa mengenali seseorang, meskipun hanya tampak punggungnya saja. Anda bertemu ibu yang sedang belanja di pasar. Sekilas hanya melihat punggung atau hanya dari samping saja. Namun anda yakin bahwa beliau adalah ibu anda. mengapa? Karena bentuk tubuh seseorang itu berbeda beda. Dan rangka inilah yang membentuk tubuh manusia yang berbeda beda.

Terkait pentingnya rangka sebagai alat penompang tubuh, maka tidak salah jika kita harus menjaga kesehatan rangka.

Berikut di bawah ini adalah beberapa Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia di antaranya adalah :

  • Duduk dengan sikap yang baik

Sikap duduk yang baik adalah dengan duduk yang sedikit menyender pada kursi. Tegap dan lurus, letak bahu ke arah belakang. Anda tidak boleh condong ke kanan atau ke kiri. Juga tidak baik untuk terlalu maju ke depan atau pun menyender ke belakang. Hal ini jika di biasakan bisa membuat tulang anda bengkok. Usahakan paha untuk menempel pada wilayah kursi dan bagian pinggang menyentuh sandaran belakang kursi.

  • Berdiri dengan baik dan lurus

Jangan biasakan untuk berdiri dengan posisi lurus dan baik. Tidak hanya menyandar pada satu kaki saja, dan kaki yang lain di tekuk. Hal ini jika di biasakan akan terjadi gangguan pada lutut yang sering jadi tumpuan tersebut. Karena berat tubuh itu tidak bisa di topang hanya dengan satu kaki. Maka berdirilah dengan baik, bahu tegap, dan lurus. Ini bisa menjadi latihan untuk tulang anda agar tumbuh lurus.

  • Mengangkat beban semaksimalnya

Kadang kala, banyak orang memaksakan diri mengangkat beban lebih berat dari kesanggupannya. Hal ini bisa membuat tulang yang membawa beban terlalu berat tersebut lelah. Bahkan jika sudah parah bisa sampai patah. Jika memang berat, maka angkatlah menggunakan bahu kanan mu.

Kemudian beralih pada bahu kiri jika sudah lelah. Cara ini bisa meminimalisir kelelahan pada punggung. Bisa saja dengan mengangkat beban sesuai dengan kemampuan tubuh. Jika memang belum selesai, bisa di ulangi lagi.

  • Biasakan aktivitas ‘berjemur’ kala pagi

Matahari pagi yang menyinari bumi memiliki zat yang bisa membantu produksi vitamin D. itulah mengapa anak kecil, atau bayi yang masih berusia beberapa bulan setelah mandi di ajak keluar panas panas untuk mencari vitamin D tersebut. Kelebihan dari vitamin D ini adalah membantu dalam penguatan tulang dan merupakan faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan manusia. Maka bisa di simpulkan bahwa dengan berada di bawah terik matahari pada pukul 7 sampai 9 pagi menjadi salah satu trik merawat tulang anda untuk masa tua nanti

  • Berolahraga secara rutin

Salah satu cara mutlak yang bisa anda lakukan untuk benar benar membuat tulang anda sehat adalah dengan rutin melakukan olah raga. Hal ini bisa menjadikan tulang anda terbiasa dengan hal-hal berat. aktivitas olahraga ini juga mampu berguna untuk meningkatkan kecepatan penyerapan kalsium atau makanan tulang.

Olahraga teratur juga mengurangi resiko terkena penyakit tulang dan dapat menjaga bagian bagian ginjal yang merupakan salah satu organ penting untuk membantu kesehatan tubuh saat usia dewasa nanti.

  • Makan makanan bergizi

Dalam rangka penguatan dan pemeliharaan tulang, tidak hanya menggunakan peran vitamin D. namun juga menggunakan makanan yang mengandung nutrisi lain. Misalnya kalsium dan mineral. Kedua zat ini terdapat pada bahan makanan yang sehat, seperti pada sayur mayur, air putih, dan buah buahan. Maka biasakanlah makan makanan tersebut agar gizi anda terpenuhi secara optimal. Beberapa makanan yang mengandung gizi tinggi ini adalah susu, keju, telur, yoghurt, ikan, kedelai, bayam, brokoli, buah buahan, dan lain sebagainya

Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit, kita harus tidak mengabaikan sedikitpun mengenai masalah menjaga kesehatan tubuh, banyak beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit pada usia dini.

Berikut di bawah ini adalah penjelasan mengenai pentingnya menjaga kesehatan tubuh :

  • Mencegah penyakit osteoporosis

Penyakit degeneratif yang paling sering menjumpai orang orang tua adalah penyakit osteoporosis. Penyakit ini berkenaan dengan keadaan tulang yang tidak sehat. Biasanya mereka yang menderita penyakit ini akan berjalan dengan membungkuk, semakin lama semakin pendek. Bahkan bisa sampai tidak bisa berjalan.

  • Melindungi dari flu tulang

Flu tulang merupakan penyakit yang mana tulang tidak bisa di gerakkan sebagaimana mestinya. Perawatan pasien ini memerlukan waktu yang cukup lama.

  • Tampil segar meskipun usia tidak muda

Tampil dengan bersemangat akan memberikan energi positif, baik untuk diri sendiri maupu orang lain. Kebiasaan menjaga tulang dan rangka anda dalam keadaan sehat, sama saja anda sedang berinvestasi untuk merawat diri anda di masa tua. Kebanyakan mereka yang menjaga kesehatan tulang cenderung memiliki kulit yang bagus dan cerah, wajah yang selalu berseri seri, dan tubuh yang sigap.

  • Mencegah resiko kifosis

Merupakan kelainan pada tulang punggung yang terlalu membungkuk ke belakang. Hal ini berkaitan karena punggung tidak lurus saat duduk, atau terlalu berat mengangkat beban. Untuk itu biasakanlah selalu duduk dalam posisi benar dan tegap

  • Mencegah resiko lordosis

Merupakan kelaianan tulang yang menyebabkan vertebrae atau tulang belakang membengkok ke arah depan. Hal ini di sebabkan karena tulang salah posisi duduk, atau terlalu membengkok ke depan. Sehingga posisinya ketika berdiri atau duduk jadi tidak baik. Untuk itulah di himbau agar selalu duduk dalam posisi dan sikap yang baik

  • Mencegah resiko skoliosis

Merupakan salah satu kelainan tulang yang menyebabkan tulang membengkok ke arah kanan atau kiri. Hal ini bisa terjadi karena pasien sudah terbiasa untuk duduk dalam posisi miring sebelah, entah kanan atau pun kiri. Selain itu, kebiasaan membawa beban yang terlalu berat pada salah satu sisi juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk itu biasakan tubuh agar mengangkat beban dalam kondisi yang sama sama berat.

Demikianlah postingan artikel mengenai Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel ini, anda lebih menjaga kesehatan anda baik itu mengenai kerangka maupun anggota tubuh lainnya.

Cara Memelihara Kesehatan Kerangka Tubuh Manusia | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply