Cara Membuat Sate Ayam Banjar

Cara Membuat Sate Ayam Banjar – Sate adalah menu khas Nusantara, dan bisa berbeda-beda cara penyajian dan bumbunya disetiap daerah. Namun secara umum, sate adalah makanan yang terbuat dari daging yang dibakar, dengan menggunakan bumbu dan saus yang terbuat dari beragam rempah.

Sebelum dibakar diatas arang, daging sate direndam kedalam bumbuh rempah, setelah matang, sate di beri saus yang terdiri dari kacang, terasi, bawang mentah, gula merah, dll. Sepertinya, sate adalah makanan dari daging yang sepertinya 100% tidak sehat. Sebenarnya sate adalah makanan lezat yang sekaligus menyediakan banyak gizi dan bermanfaat bagi kesehatan, apabila dikonsumsi dengan dimoderasi.

Cara Membuat Sate Ayam Banjar

Cara Membuat Sate Ayam Banjar

Yang suka dengan Sate banjar dan ingin menikmati tanpa harus keluar, kini Anda bisa mebuat sendiri di rumah Anda. Berikut di bawah ini adalah bahan dan cara membuatnya :

Bahan Sate Banjar

2 daging dada ayam tanpa tulang
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh air jeruk nipis
1 sendok makan margarin, panaskan hingga cair

Ulek Halus

4 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar sangrai
1 sendok teh jahe parut
Garam

Bumbu Sate

½ sendok teh merica butir, haluskan
150 gram cabai merah besar
50 gram cabai merah keriting
4 buah tomat
½ gelas  air
5 sendok makan saus tomat
2 sendok teh kecap manis
1 sendok makan margarin
2 sendok makan petis udang
Garam

Cara Membuat Sate Banjar

  1. Satai: cuci bersih daging ayam, tiriskan, potong-potong dadu kecil. Campur kecap manis , air jeruk nipis, margarin cair, dan bumbu halus, aduk rata. Lumuri ayam dengan bumbu hingga rata. Diamkan 30 menit.
  2. Tusukkan 4-5 potong daging  ayam ke dalam tusuk satai. Bakar di atas bara api arang hingga daging matang.
  3. Bumbu satai: Ulek halus merica, lalu tambah cabai merah kemudian tomat. Masak bumbu satai. Tambahkan air, saus tomat, kecap manis, margarin, petis udang, dan garam. Masak hingga saus kental. Angkat.
  4. Sajikan satai dengan bumbu satai.

Demikianlah informasi dan penjelasan artikel pada kesempatan yang sama-sama berbahagia ini. Semoga bermanfaat dan masakan sate di atas, bisa anda coba dirumah anda masing-masing. Karena mengingat masakan sate ini hampir semua orang suka memakannya. Terima kasih.

Cara Membuat Sate Ayam Banjar | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply