Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan

Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan – Pengertian LPG: Liquefied Petroleum Gas (LPG) PERTAMINA dengan brand ELPIJI, merupakan gas hasil produksi dari kilang minyak (Kilang BBM) dan Kilang gas, yang komponen utamanya adalah gas propana (C3H8) dan butana (C4H10) lebih kurang 99 % dan selebihnya adalah gas pentana (C5H12) yang dicairkan.

Pada kesempatan kali ini. admin akan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel terbaru yang membahas mengenai Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan. Baca dan simaklah penjelasan artikel berikut ini :

1. Kelainan tubuh jangka pendek

Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan

Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan

Bahaya gas elipiji yang terkadang tidak diindahkan oleh masyarakat adalah menghirup gas elpiji tanpa sadar yaitu ketika sedang memasang regulator atau ketika sedang memasak dalam durasi waktu yang cukup lama. Kondisi tersebut dapat menyebabkan gejala keluhan kesehatan yang bertahap dan jangka pendek. Untuk mencegahnya sebaiknya gunakan masker mulut ketika memasang regulator gas. Gejala kelainan tubuh ringan jangka pendek tersebut, Di antaranya :

  • Sesak nafas

Seseorang yang memiliki penyakit asma kambuhan atau memiliki riwayat asma mak berhati hatilah jika sedang berinteraksi dengan gas elpiji. Jika mungkin terjadi kebocoran gas dan mengeluarkan bau tak edapo, Segeralah meakai masker penutup mulut agar anda tidak mengalami sesak nafas.

  • Tubuh lemas

Menghirup gas elpiji dapat menyebabkan tubuh lemas dan kekurangan oksigen, Kejadian ini sangat rentan terjadi pada anak anak. Ketika sedang memasang gas elpiji atau sedang ada kebocoran dengan bau yang menyengat maka mintalah anak anak untuk tidak mendekati tabung gas elpiji.

  • Tubuh menggigil

Adakalanya gas elpiji yang terhirup mampu menyebabkan seseorang menderita menggigiul. Kondisi ini adalah gejala awal seseoarng sedang keracunan gas. Jika daya tahan tubuh sedang menurun dan anda memiliki masalah jantung maka ketika menghirup gas yang bocor tubuh akan menderita keracunan.

  • Kesadaran diri berkurang

Pad sebagian orang yang memiliki sensitivitas terhadap bau bauan yang menyengat seperti bensin, Solar atau gas elpiji maka bisa dipastikan seseorang tersebut rentan mengalami serangan sakit kepal, Mual lalu kehilangan kesadarannya.

  • Kepala berat dan pusing

Menghirup gas elpiji dapat menyebabkan sakit kepal dan muncul mual mual serta keinginan ingin muntah. Aroma gas yang masuk kedalam rongga hidung dan mulut akan dialirkan menuju saraf saraf otak, Jika kondisi tubuh anda tidak cocok atau mempunyai alergi terhadap bau bauan maka kepala akan mengalami nyeri .

  • Mata berkunang kunang dan berhalusinasi

Menghirup udara yang telah terkontiminasi dengan gas elpiji dapat menyebabkan gangguan penglihatan dimana gas yang tidak terlihat dan berwarna tersebut justru mampu mengiritasi jaringan luar dari mata dan menyebabkan pandangan kabur untuk sementara, Berkunang kunang dan muncul halisinasi.

2. Kelainan tubuh jangka panjang

Menghirup gas elpiji dalam jangka panjang dapat menimbulkan kerusakan dan kelainan tubuh lebih berat karena harus ditangani dengan perawatan medis yang intensif. Bahaya gas elpiji dapat muncul ketika seseorang berinteraksi pada gas elpiji secara terbuka dan langsung yang mereka lakukan selama bertahun tahun misalnya pada para karyawan perusahaan yang menangani pengisian gas. Diantaranya :

  • Hilangnya konsentrasi dan timbul depresi berat

Menghirup gas elpiji selama bertahun tahun atau jangka panjang dapat menyebabkan seseorang kehilangan konsentrasi dan mengalami depresi. Aroma gas yang begitu kuat mampu mengganggu kesehatan saraf saraf sekitar kepala.

  • Kerusakan saraf tubuh termasuk jaringan otak

Menghirup bau gas elpiji secara berlebihan mampu merusak saraf saraf tubuh termasuk otak dimana akan terjadi kelainan pada fungsi saraf yang mampu menyebabkan seseorang menjadi lumpuh atau setengah lumpuh.

  • Terjadi kejang kejang

Menghirup gas elpiji pada anak anak dalam jumlah besar dapat menyebabkan kejang kejang seperti epilepsi. Bau menyengat gas yang berlebihan mampu masuk dalam tubuh dan mencederai sistem kinerja otot.

  • Kelainan dan kerusakan sel darah

Menghirup gas elpiji secara tidak sengaja selama bertahun tahun misalnya pada karyawan yang bekerja pada perusahaan elpiji, Rentan mengalami kelainan dan kerusakan sel darah.

  • Gangguan jantung

Seseorang yang memiliki lemah jantung maka hindarilah bau menyengat dari gas elpiji karena jika terhirup dalam jumlah yang besar maka menyebabkan gangguan jantung lain yang lebih berat misalnya gagal jantung dan terserang jantung berhenti.

  • Peradangan pada ginjal

Berhati hatilah pada penderita ginjal atau organ yang pernah mengalami bedah ginjal, Sebaiknya tidak menghirup gas elpiji dalam jumlah yang berlebihan karena akan menimbulkan gangguan ginjal kembali atau penyakit ginjal yang susah sembuh rentan akan kembali muncul.

  • Menurunkan kualitas daya ingat

Menghirup gas elpiji secara berlebihan dapat menyebabkan menurunnya kualitas daya ingat seseorang terlebih pada para lansia. Penurunan daya ingat tersebut akan terus berlanjut menjadi semakin berat manakala seseorang tidak berusaha untuk menghindari bau gas yang menyengat. Kondisi ini sangat sulit bagi para karyawan yang bekerja pada perusahaan elpiji.

  • Kerusakan jaringan paru

Gas elpiji yang masuk dalam saluran pernafasan dan langsung masuk menuju jaringan paru maka dapat menyebabkan menurunnya fungsi ginjal dalam mengendalikan cairan tubuh. Jika tidak segera diobati maka akan terjadi kerusakan pada paru paru.

3. Gas meledak

Tabung gas elpiji ukuran besar ataupun kecil berpotensi meledak bilamana anda teledor atau kurang teliti ketika memasang regulator sehingga kurang bekerja dengan baik. Bahaya gas elpiji dapat disebabkan karena kompor belum tertutup rapat, Karena sambungan selang tidak rapat atau kurang pekanya anda dengan apa yang telah terjadi pada regulator yang memiliki lubang kecil akibat gigitan hewan pengerat , Selang menggulung atau bisa juga karena pemakian regulator yang tidak rapat.

Bahaya gas elpiji dapat juga dipicu oleh kebiasaan buruk yang biasnya dilakukan sehari hari misalnya merokok, Menyalakan lilin atau menghidupkan saklar listrik yang terlalu dekat dengan gas elpiji. Kondisi yang dianggap sepele tersebut justru dapat memicu munculnya percikan api dan ledakan.

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan yang sama berbharga ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih waspadah terhadap tabug gas elpiji yang bisa bocor/meletus kapan saja karena akibat dari kelalaian penggunanya. Sekian dan terima kasih.

Bahaya Gas Elpiji Bagi Kesehatan | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply