Anatomi Alat Postur Tubuh

Anatomi Alat Postur Tubuh – Postur yang baik merupakan bagian penting dalam pemeliharaan diri. Membiasakan diri dengan kondisi postur yang baik akan membantu dalam mencegah berbagai gangguan fisik, seperti kelelahan, memperbaiki bentuk tubuh, memberi kesan penampilan diri lebih luwes dan tidak kaku. Disiplin diri merupakan unsur yang menentukan bagi suatu kepribadian yang tertib, tenang, menyenangkan serta menyehatkan. Berdiri dalam posisi yang benar akan menjaga otot-otot dan tubuh dalam kondisi yang baik. Postur yang baik sangat tergantung pada kebiasaan seseorang, untuk itu hindari : sikap malas, posisi punggung yang membungkuk atau posisi tubuh yang membuat lekukan pada tulang punggung ketika sedang bekerja. Saat berjalan harus dibiasakan berdiri dengan benar, berat tubuh harus terbagi sama rata untuk mendapatkan keseimbangan tubuh.

Anatomi Alat Postur Tubuh

Anatomi Alat Postur Tubuh

Berbagai posisi dan sikap tubuh :

  1. Sikap yang baik saat duduk adalah kepala tegak, dagu ditarik ke dalam, dada lurus, punggung (bahu) relax, perut ditahan.
  2. Sikap yang tidak baik dan kaku.
  3. Sikap yang tidak baik dan bungkuk.
  4. Sway Back atau Lordosis : Kelainan pada tulang belakang membentuk lengkungan ke depan sehingga punggung lurus dan perut maju ke depan serta bokong ke belakang.
  5. Bahu yang menunduk : Khyposis: Kelainan pada tulang belakang sehingga terlihat punggung membungkuk.
  6. Sway back dan bahu yang menunduk : Scoliosis : Kelainan tulang belakang melengkung ke kiri dan ke kanan sehingga tubuh terlihat miring ke kiri atau ke kanan.

Selain dari sikap tubuh saat berdiri, sikap duduk yang baik pun penting diperhatikan untuk mencegah kelelahan pada umumnya dan ketegangan pada punggung. Sikap duduk yang baik yaitu punggung tegak dan posisi duduk menekan bagian belakang.

Posisi tubuh yang baik pada waktu memungut sesuatu dilakukan dengan setengah berjongkok dan posisi punggung tidak melengkung.

Penggunaan hak sepatu yang tinggi dalam waktu yang lama dan sering akan menegangkan kaki dan punggung. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan sikap tubuh nampak berat ke depan dan bentuk betis menjadi kurang bagus.

Penggunaan sepatu dengan tumit yang rendah dan lebar dapat menopang tubuh, sehingga keseimbangan tubuh lebih terjaga dan kaki lebih nyaman.

Demikianlah penjelasan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin mengerti dan memahami berbagai macam anatomi pada bagian tubuh manusia. Sekian dan terima kasih.

Kata Kunci :

kelainan postur tubuh
Anatomi Alat Postur Tubuh | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply