Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam – Berikut ini, admin  akan membagikan informasi dan artikel yang membahas tentang Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, silahkan anda menyimak penjelasan artikel berikut :

Pengertian Alat Reproduksi wanita adalah organ-organ yang berperan dalam serangkaian proses yang bertujuan untuk berkembangbiak atau memperbanyak keturunan. Agar manusia dapat memiliki anak, maka harus memiliki organ – organ reproduksi dengan fungsi dan dalam keadaan normal. Secara garis besar alat reproduksi wanita terbagi kedalam dua kelompok, yaitu Alat Reproduksi (Genetalia) luar dan Alat Reproduksi (Genetalia) dalam.

Alat kelamin wanita menghasilkan ovum. Alat kelamin wanita ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu alat kelamin dalam dan alat kelamin luar.

1. Alat Kelamin Wanita bagian Dalam

Alat kelamin dalam wanita terdiri atas vagina, uterus, oviduk, dan ovarium.

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam

1) Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam yaitu Vagina

Vagina adalah tabung berotot yang dilapisi membran dari jaringan epitel dan dialiri pembuluh darah. Panjang vagina adalah dari vestibula sampai serviks (mulut rahim). Vagina berfungsi sebagai tempat penyimpanan sperma dan berguna dalam proses kelahiran bayi.

2) Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam yaitu Uterus (rahim)

Uterus adalah organ yang tebal, berotot, berbentuk buah pir, terletak di dalam pelvis antara rektum dan kandung kencing.

Di dalam uterus terdapat otot yang disebut miometrium dan selaput lendir yang melapisi bagian dalamnya yang disebut endometrium. Sebagian besar permukaan luar uterus ditutupi oleh peritorium.

Di bagian bawah, uterus menyatu dengan vagina dan bagian atasnya menyatu dengan tuba fallopi. Uterus berfungsi sebagai tempat janin menempel, tumbuh, dan berkembang sampai proses kelahiran.

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam
Alat Kelamin Wanita Bagian Dalam

 

Uterus terdiri dari tiga bagian yaitu: fundus uteri yaitu bagian corpus uteri yang terletak di atas kedua pangkal tuba fallopi, corpus uteri merupakan bagian utama yang mengelilingi kavum uteri dan berbentuk segitiga, dan seviks uteri yang berbentuk silinder. Dinding belakang, dinding depan dan bagian atas tertutup peritoneum sedangkan bagian bawahnya berhubungan dengan kandung kemih.

Untuk mempertahankan posisinya uterus disangga beberapa ligamentum, jaringan ikat dan peritoneum. Ukuran uterus tergantung dari usia wanita, pada anak-anak ukuran uterus sekitar 2-3 cm, nullipara 6-8 cm, dan multipara 8-9 cm. Dinding uterus terdiri dari tiga lapisan yaitu peritoneum, miometrium / lapisan otot, dan endometrium.

3) Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam yaitu Oviduk (tuba fallopi)

Tuba fallopi disebut juga saluran telur, terdapat di sebelah kiri dan kanan bagian atas uterus. Panjangnya kirakira 10 cm dan di bagian ujung dekat uterus menyempit.

Pada bagian ujung tuba fallopi terdapat fimbriae (umbai), yang berfungsi menangkap sel telur saat ovulasi. Salah satu fimbriae menempel ke ovarium. Tuba fallopi berfungsi untuk mengantarkan ovum dari ovarium ke uterus.

4) Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam Ovarium

Ovarium adalah organ yang berfungsi menghasilkan ovum. Ovarium memiliki bentuk seperti biji buah kenari, terletak di kanan dan kiri uterus, di bawah tuba fallopi.

Ovarium berisi sejumlah besar ovum yang belum matang, yang disebut oosit primer atau folikel. Setiap bulan, wanita mengalami pematangan sel folikel menjadi folikel de Graaf.

Sel telur yang sudah matang (folikel de Graaf) akan terlepas dari folikel. Kejadian ini disebut ovulasi. Ovarium juga menghasilkan hormon estrogen dan progesteron.

2. Alat Kelamin Wanita bagian Luar

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam
Alat Kelamin Wanita Bagian Luar

Alat kelamin luar pada wanita dikenal sebagai vulva, yang terdiri atas :

1) Mons veneris, yaitu sebuah bantalan lemak yang terletak di depan simfisis pubis.

2) Labia mayora (bibir besar) adalah dua lipatan tebal yang membentuk sisi vulva.

3) Labia minora (bibir kecil) adalah dua lipatan kecil dari kulit di antara bagian atas labia mayora.

4) Klitoris adalah sebuah jaringan erektil kecil yang serupa dengan penis bagi laki-laki.

4) Kelenjar vestibularis mayor (bartholini) terletak tepat di belakang labia mayora, di setiap sisi kelenjar ini mengeluarkan lendir dan salurannya keluar antara himen dan labia minora.

Himen dikenal sebagai selaput dara, yang merupakan selaput dari membran tipis, di tengahnya terdapat lubang tempat keluarnya darah menstruasi.

Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam
Anatomi alat kelamin wanita Lengkap
Itulah penjelasan artikel mengenai Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, khususnya para wanita agar tetap lebih menjaga kebersihan organ intimnya. Sekian dan sampai jumpa kembali pada artikel bermanfaat selanjutnya.
Alat Reproduksi Wanita Bagian Dalam | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply