7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui

7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Anda KetahuiPenyakit Diabetes mellitus atau penyakit gula atau penyakit kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang melebihi batas normal (hiperglikemia) akibat tubuh yang kekurangan insulin baik absolut maupun relatif.

Banyak penderita diabetes melitus yang tidak menyadari bahwa diri mereka ternyata telah menderita penyakit ini. Padahal, gejala-gejala yang ditimbulkan oleh diabetes seharusnya segera mendapatkan penanganan. Agar anda dapat mengetahui seperti apa sebenarnya ciri-ciri orang yang telah mengidap diabetes.

7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui

7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui

Pada kesempatan yang sama berbahagia ini, kami akan memberikan infomrasi dan artikel terupdate yang membahas tentang 7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus, Untuk lebih lengkapnya, silahkan anda menyimak pernjelasan artikel berikut ini :

1. Gatal Dan Bisul

Gatal umumnya terjadi pada daerah kulit yang terdapat lipatan seperti ketiak, selangkangan, area intim, dll. Selain itu, para penderita diabetes juga sering mengeluhkan munculnya bisul yang sulit sembuh. Terkadang, bahkan luka kecil seperti lecet juga menjadi permasalahan serius karena tak kunjung dapat kering.

2. Banyak Kencing

Kebiasaan sering kencing disebabkan karena kadar glukosa dalam darah tinggi. Kebiasaan kencing terjadi terutama pada malam hari dan biasanya hal ini cukup mengganggu. Waspadalah jika anda kerap terbangun pada malam hari hanya karena ingin kencing. Gejala diabetes yang satu ini mudah diketahui karena sifatnya yang secara tidak langsung mengganggu kualitas istirahat penderita.

3. Berat Badan Turun

Jika anda mengalami penurunan berat badan dalam waktu yang relatif singkat, maka waspadalah. Bisa jadi hal itu disebabkan karena glukosa yang terdapat pada darah tidak dapat memasuki sel tubuh yang akhirnya mengakibatkan tubuh mengambil tenaga cadangan yang terdapat pada otot dan jaringan lemak. Jika hal ini terjadi, maka tubuh pun akan semakin menyusut dan penderita diabetes kehilangan berat badan atau semakin kurus.

4. Kesemutan

Pada waktu malam, banyak dari penderita diabetes yang mengeluhkan terjadinya kesemutan di bagian kaki. Beberapa orang lainnya mengalami keluhan yang sama namun terjadi pada waktu pagi hari ketika mereka bangun tidur. Hal tersebut terjadi karena gangguan saraf tepi yang dialami oleh para penderita diabetes.

5. Gangguan Penglihatan

Saat seseorang mencoba mengganti kacamatanya dengan harapan untuk memperbaiki penglihatan, akan tetapi jika yang terjadi adalah ia tidak mendapatkan penglihatan yang lebih baik dari sebelumnya, maka patut dicurigai adanya peran penyakit diabetes disini. Segera periksakan diri ke dokter agar tidak terjadi komplikasi lanjutan seperti glaukoma. Jangan lupa pula untuk mendatangi dokter spesialis diabetes guna mendapatkan penanganan preventif serta langkah pengobatan selanjutnya.

6. Merasa Haus

Karena banyak cairan yang keluar melalui air seni, biasanya penderita diabetes akan cepat merasa haus. Banyak orang tidak menyadari akan hal ini, kebanyakan orang berpikir jika penyebab rasa haus itu karena udara yang panas atau aktivitas berlebih yang lain. Keadaan ini memaksa penderita diabetes harus mengkonsumsi air dalam jumlah banyak.

7. Banyak Makan

Tubuh tidak lagi mampu memanfaatkan dengan baik glukosa hasil dari mengkonsumsi kalori yang dilakukan oleh penderita. Akibat gangguan metabolisme ini, tubuh terus memberi respon perintah rasa lapar. Akibatnya, penderita diabetes memiliki selera makan yang banyak.

Demikianlah informasi dan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda bisa jadikan sebagai  bahan bacaan/referensi untuk menghindari penyakit diabetes melitus. Sekian dan terima kasih

7 Ciri-Ciri Penderita Penyakit Diabetes Melitus Yang Harus Anda Ketahui | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply