7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda – Berikut di bawah ini, admin akan memberikan informasi dan artikel bermanfaat hanya untuk buat anda semua yang akan membahas tentang 7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda. Bagi anda yang menyukai makanan pedas sebaiknya mulai dari sekarang, anda mengurangi makanan pedas tersebut. Ini dikarenakan, ternyata memakan makanan yang berasa pedas sangat tidak baik untuk kesehatan tubuh anda. Tapi untuk lebih jelasnya dan lengkapnya, silahkan anda menyimak pembahasan berikut.

1. Berbahaya Bagi Ibu Hamil

Makanan pedas tidak hanya berbahaya bagi masyarakat biasa saja namun makanan pedas juga sangat berbahaya bagi ibu hamil. Berikut ini adalah bahaya makanan pedas bagi ibu hamil yang harus anda ketahui :

7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda

  • Kontraksi dini. Ibu hamil yang suka sekali mengkonsumsi makanan pedas dia akan mengalami kontraksi dini yang diakibatkan oleh terlepasnya hormon prostaglandin. Pelepasan hormon ini akan mendorong otot-otot halus yang ada di dalam rahim sehingga terjadi kontraksi. Hati-hatilah bagi ibu hamil yang suka mengkonsumsi makanan pedas di saat usia kehamilannya belum cukup matang.
  • Diare. Ibu hamil yang mengkonsumsi makanan pedas berlebihan pun rentan untuk terkena diare. Diare pada ibu hamil ini sangat tidak bagus sebab jika diare terus-terusan ibu hamil akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Ada banyak sekali bahaya dehidrasi yang harus diwaspadai salah satunya adalah menyebabkan kinerja organ terganggu dan darah menjadi pekat. Jika darah ibu hamil menjadi pekat atau kental akibatnya adalah janin yang ada di dalam kandungan tidak memiliki asupan darah dan oksigen yang cukup sehingga janin bisa mati di dalam kandungan.
  • Memicu rasa mulas berlebihan. Mulas yang berlebihan tidak bagus dialami oleh ibu yang sedang hamil muda sebab bisa menganggu pertumbuhan dan perkembangan janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil.

2. Refluks Asam

Orang yang memiliki penyakit asam lambung tinggi kemudian mengkonsumsi makanan yang pedas dia akan merangsang terjadinya refluks asam bagi penderita asam lambung tinggi dan juga penderita maag. Tahukah anda apakah itu refluks asam yang tinggi itu?, refluks asam merupakan naiknya asam lambung ke kerongkongan manusia sehingga kerongkongan manusia akan mudah rusak dan sering terganggu akibat terjadinya refluks asam tersebut.

3. Perut Terasa Panas

Hal yang sering dialami oleh orang yang mengkonsumsi makanan pedas adalah dia akan merasakan panas di perutnya. Hal tersebut merupakan hal yang lumrah terjadi jika orang yang mengkonsumsi makanan pedas akan merasakan panas di perutnya. Alasannya adalah zat capsicum yang ada pada cabai dan dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan iritasi usus dan juga lambung. Gejala dari iritasi tersebut adalah munculnya rasa panas di perut setelah mengkonsumsi makanan yang pedas.

4. Perut terasa Melilit

Bahaya mengkonsumsi makanan pedas yang harus diwaspadai adalah bisa menyebabkan perut terasa melilit. Perut terasa melilit itu merupakan reaksi usus yang menerima zat capsicum terlalu berlebihan sehingga usus memberikan sinyal berupa perut terasa melilit.

5. Penyebab Maag Akut

Salah satu bahaya terlalu banyak memakan makanan pedas adalah menyebabkan orang yang memakannya akan mengalami maag akut. Sebaiknya bagi anda yang suka mengkonsumsi makanan pedas setiap harinya tahu apa saja yang menjadi gejala penyakit maag sehingga ketika anda habis memakan pedas dan kemudian mengalami gejala tersebut bisa mengatasi penyakit maag dengan tepat dan cepat. Bagi yang belum mengetahui dirinya terkena maag, ketika habis memakan makanan pedas dan lambung langsung bereaksi bisa jadi penyakit maag ada di dalam dirinya.

6. Menyebabkan Penyakit Lambung

Maag biasanya akan disertai dengan penyakit lambung dimana lambung penderita maag mengalami luka maupun infeksi di lambungnya. Ketika anda memakan makanan pedas, penderita penyakit lambung sehabis memakan makanan pedas akan mengalami asam lambung tinggi sehingga menyebabkan perut terasa perih dan nyeri luar biasa. Capsicum yang ada pada cabai bisa memicu naiknya asam lambung di dalam lambung sehingga rasa perih akan muncul.

Tidak hanya itu saja menghindari makanan pedas merupakan cara mencegah asam lambung naik kembali, bagi yang menderita penyakit maag disertai asam lambung pun sebaiknya jangan memakan makanan pedas sebab capsicum yang ada pada cabai bisa bersentuhan dengan tukak lambung dan menyebabkan rasa perih yang tidak tertahankan. Anda harus mengetahui ketika gejala asam lambung yang mulai meninggi sehingga anda bisa segera menerapkan berbagai macam cara mengobati asam lambung naik sehingga rasa perih tersebut tidak akan berlangsung lama. Kenali juga penyebab asam lambung naik lainnya selain memakan makanan yang pedas.

Tidak hanya merusak kerongkongan saja namun makanan yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan dikeluarkan kembali menuju ke kerongkongan sehingga rasa nyeri dan rasa perih akan muncul di kerongkongan. Keluarnya kembali makanan tersebut juga menjadi tanda adanya kanker mulut dan juga kanker nasofaring. Oleh sebab itu anda jangan menyepelekan berbagai macam bahaya asam lambung naik terutama jika makanan bisa dikeluarkan kembali melalui kerongkongan manusia.

7. Makanan pedas tidak baik bagi kesehatan kulit anda

Iya, terlalu banyak mengkonsumsi cabai apa lagi yang di goreng akan membuat kulit anda menjadi berminyak dan banyak timbunan lemak yang tertahan di kulit khususnya kulit wajah sehingga orang yang suka makan sambal terkadang dapat kita temui wajahnya berjerawat. Untuk itu jika anda memang seseorang yang doyan dengan sambal maka kontrol lah pola makan anda agar anda tetap sehat.

Itulah beberapa informasi dan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin memperhatikan dan menjaga kesehatan tubuh anda. Karena lebih baik dicegah daripada mencegah.

7 Bahaya Makanan Pedas Bagi Kesehatan Anda | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply