Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal KitaPengertian Ginjal adalah organ ekskresi dalam vertebrata yang berbentuk mirip kacang. Sebagai bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Cabang dari kedokteran yang mempelajari ginjal dan penyakitnya disebut nefrologi.

Pada kesempatan yang sama berbahagia ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang membahas tentang Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita. Untuk lebih jelasnya dan lengkapnya, silahkan anda menyimak penjelasan artikel berikut :

1. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Berhenti merokok

Stop kebiasaan merokok merupakan langkah berikutnya yang sangat di anjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. ini dikarenakan, kandungan nikotin dalam rokok berperan penting dalam gangguan ginjal yang akan anda alami.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita

2. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Hindari obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan juga menjadi biang yang menyebabkan Fungsi Ginjal seseorang menjadi terganggu. Berat badan yang terus naik tentunya akan membuat lemak terus bertambah dan tertimbun di sekitar perut. Sehingga, ginjal akan mudah tertekan dan sesak. Jika sudah demikian, ginjal menjadi lebih sulit untuk memproses urin. Tidak heran jika penyakit ginjal sangat mudah menghampiri penderita dengan masalah obesitas. Berolahraga secara rutin menjadi solusi untuk menghindarkan diri dari masalah obesitas dan penumpukan lemak. Waspada juga terhadap makanan dengan kandungan lemak jahat.

3. Periksakan Ginjal anda

Sesibuk apapun anda dengan segala aktifitas dan rutinitas yang anda lakukan, setidaknya lakukanlah pemeriksaan atau hanya sekedar check up saja. Agar kita tahu kondisi ginjal kita sehat atau tidak. Dengan begini kita bisa memantau kondisi ginjal, sehingga anda akan terhindar dari penyakit ginjal yang berbahaya.

4. Jaga tekanan darah

Mungkin anda tidak menyangka bahwa tekanan darah sangat mempengaruhi kesehatan ginjal. Tingginya tekanan darah akan membuat anda berpotensi memiliki penyakit ginjal. Ada banyak hal guna menjaga tekanan darah tidak terlalu tinggi seperti menjaga diri agar tidak mudah stress dan selalu tidak mengedepankan emosi. Selain itu, atur juga pola tidur anda. Tidur yang berkualitas selama 8 jam setiap hari akan membantu anda untuk menghindari mudah stress.

5. Aktif Bergerak

Ginjal Anda bisa dijaga dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

6. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Menhilangkan Kebiasaan Buruk

Jika anda bekerja terlalu lama dan tidak sempat istirahat, pastikan bahwa anda tidak dehidrasi dengan menyiapkan sebotol air putih. Cara ini tentu disarankan untuk membuat anda tidak menunda dan mengorbankan ginjal anda demi kesibukan.

7. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Menjaga Kadar Gula

Penyakit diabetes dengan kesehatan ginjal memiliki beberapa keterkaitan. Sehingga banyak dari mereka penderita diabetes akhirrnya juga memiliki masalah pada ginjalnya. Maka dari itu, menjaga kadar gula yang masuk pada tubuh juga sangat penting untuk kesehatan ginjal.

8. Jangan Mengkonsumsi Obat Sembarangan

Dengan banyak mengkonsumsi obat obatan secara berat bukan hanya akan berbahaya pada jantung, namun juga akan membuat kerja ginjal semakin berat. Ketika akan memakan jenis obat tertentu lebih baik cobalah konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Khususnya obat nyeri dan obat antibiotik

9. Mengurangi Konsumsi Makanan Asin

Janganlah terlalu banyak memakan makanan yang asin secara berlebihan. Karena apabila anda memakan itu kerja ginjal tidak akan maksimal. Untuk itu pakailah penyedap rasa secukupnya sepasnya saja dilidah untuk membantu menjaga kesehatan ginjal. Meskipun terdengar sepele, namun cara ini cukup membantu mengembalikan memaksimalkan kinerja ginjal. Menghindari kandungan garam yang terlalu banyak sangatlah disarankan. Saat garam yang berlebihan mengendap dalam tubuh, maka akan ditimbun menjadi batu ginjal. Makanan kaleng dan makanan ringan biasanya memilki kandungan garam tersembunyi. Hindari juga menggunakan bahan penyedap yang berlebihan saat anda memasak.

10. Jauhi Stres Berlebih

Stress dapat memicu berbagai macam penyakit, salah satunya penyakit ginjal dan memperburuk kerja ginjal. Ingat lakukanlah rileksasi atau beberapa cara yang dapat mengurangi stress anda. itu juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh dan ginjal.

11. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Perbanyak Minum Air Putih

Hampir 70 persen tubuh kita membutuhkan air putih dan dengan menjaga asupan air putih per hari 8 gelas akan membantu menjaga keseimbangan tubuh. Dengan memperbanyak minum air putih, ginjal akan bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan kinerja ginjal menjadi tidak berat.

12. Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita Dengan Makan Teratur Dan Bergizi

Mengatur pola makan merupakan tips ampuh menjaga dan merawat kesehatan ginjal anda. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

13. Jagalah Pencernaan

Menjaga pencernaan merupakan langkah yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Ini dapat dilakukan dengan menambah konsumsi makanan probiotik dan prebiotik serta makanan yang memiliki atau kaya serat yang cukup tinggi.

14. Hobi Berolahraga

Rajin berolahraga merupakan tips paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal anda. dalam hal ini bisa dilakukan seperti jalan kaki atau berlari setiap pagi.

15. Kualitas tidur yang buruk

Tidur yang kurang dari enam jam sangat mempengaruhi kesehatan ginjal secara bertahap. Ketidak seimbangnya metabolisme tubuh akan mengakibatkan kelancaran kinerja ginjal melambat. Tubuh akan mudah terserang penyakit lain mislnya obesitas, menurunnya kekebalan tubuh dan lain lain

Cara mengatasinya :

Tidur yang berkualitas dan menyehatkan adalah delapan jam. sangat dibutuhkan untuk anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Seiring bertambahnya usia, kebanyakan orang dewasa tidur kurang dari 8 jam. Ini dikarenakan banyaknya aktifitas berat yang sehari hari harus dihadapi. Setidaknya jangan terlalu sering tidur kurang dari enam jam, usahakan tujuh atau delapan jam, agar metabolisme tubuh terjaga dengan baik.

Demikianlah postingan artikel mengenai Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda lebih memperhatikan kesehatan tubuh anda. Karena kesehatan itu nomor satu dan tiada duanya. Sekian dan terima kasih.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Kita | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply