13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia

13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh ManusiaJengkol (Archidendron pauciflorum, sinonim: A. jiringa, Pithecellobium jiringa, dan P. lobatum) atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara. Bangsa Barat menyebutnya sebagai dog fruit. Bijinya digemari di Malaysia (disebut “jering”), Myanmar (disebut “da nyin thee'”), dan Thailand (disebut “luk-nieng” atau “luk neang”).Masyarakat Indonesia mengenalnya sebagai bahan pangan.

Jengkol termasuk suku polong-polongan (Fabaceae). Buahnya berupa polong dan bentuknya gepeng berbelit membentuk spiral, berwarna lembayung tua. Biji buah berkulit ari tipis dengan warna coklat mengilap. Jengkol dapat menimbulkan bau tidak sedap pada urin setelah diolah dan diproses oleh pencernaan, terutama bila dimakan segar sebagai lalap.

13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia

13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia

Jengkol diketahui dapat mencegah diabetes dan bersifat diuretik dan baik untuk kesehatan jantung. Tanaman jengkol diperkirakan juga mempunyai kemampuan menyerap air tanah yang tinggi sehingga bermanfaat dalam konservasi air di suatu tempat.

Pada kesempatan kali ini, kami dari Tipsperawatan.com akan memberikan dan membagikan kepada anda semua informasi dan artikel terupdate yang akan membahas tentang Khasiat Dan Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh. Perhatikan dan simaklah secara baik dan seksama berikut di bawah ini :

Manfaat jengkol belum banyak diketahui oleh masyarakat umum, sangat sayang, padahal sayuran ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Jengkol menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena teksturnya yang empuk bila dimasak dengan benar dan rasanya yang sangat khas. Jengkol sering dihidangkan sebagai lauk atau menu utama. Kini semakin kreatifnya masyarakat kita, jengkol pun kini dapat diolah sebagai camilan. Sebut saja keripik jengkol. Aroma jengkol memang sangat tajam.

Namun tahukah anda dibalik tajamnya aroma jengkol, Jengkol memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat jengkol bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu. Berikut 13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia :

1. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah jengkol bagi kesehatan diantaranya adalah membantu mencegah osteoporosis karena kandungan kalsium serta fosfor yang terdapat di dalamnya. Tidak hanya itu saja, buah jengkol juga bisa memperkuat gigi serta tulang Anda sehingga tidak mudah keropos apalagi jika waktunya belum tiba.

2. Menjaga kesehatan mata

Ada saja khasiat buah jengkol untuk kesehatan tidak terkecuali menjaga kesehatan mata kita, mengapa demikian? karena buah jengkol mengandung vitamin A, vitamin B1,vitamin B2 serta vitamin C yang akan membantu merawat kesehatan mata sehingga mata tidak mudah mengalami kerusakan atau bagi yang sudah rusak tidak mengalami kerusakan yang lebih parah.

Karena mata merupakan organ tubuh yang sangat penting yang harus kita jaga dengan sangat baik, coba Anda bayangkan berapa banyak biaya yang harus Anda keluarkan setiap bulannya jika harus bergonta ganti kacamata atau soft lens dan pergi ke dokter mata, tentunya sangatlah besar bukan? dan untuk menghindari kemungkinan buruk tersebut, makanlah buah jengkol yang mengandung vitamin A yang baik untuk mata kita.

3. Zat Antioksidan bermanfaat menjaga kesehatan jantung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, jengkol mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Demikian juga dengan kesehatan jantung. Toksin atau racun dalam tubuh akan sulit masuk ke dalam tubuh, khususnya jantung, berkat perlindungan yang diberikan oleh zat antioksidan ini. Segala sesuatu yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah juga akan hilang oleh zat yang terkandung pada jengkol. Aliran darah pun akan menjadi lebih lancar dan jantung pun akan berfungsi dengan baik dan optimal.

4. Pembentukan Jaringan Tubuh

Kandungan protein yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan jaringan dalam tubuh. kandungan protein pada jengkol ternyata jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan kandungan protein pada kacang hijau dan kacang keledai.

5. Mencegah anemia

Buah jengkol memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita karena bila tubuh kita kekurangan produksi serta pembentukan sel darah merah akan mengakibatkan kita mudah terserang anemia dan salah satu khasiat buah jengkol adalah mencegah anemia. Agar Anda tidak kekurangan darah dan mengalami anemia saat sedang datang bulan, makanlah buah jengkol sebagai buah pencegah anemia untuk mengatasinya.

6. Mengusir radikal bebas

Dan manfaat buah jengkol untuk kesehatan kulit adalah membantu mengusir radikal bebas karena kandungan beragam vitamin yang terdapat di dalamnya. Radikal bebas dapat mengakibatkan banyak masalah kulit, yang paling umum adalah kulit berjerawat dan yang paling mengkhawatirkan adalah penuaan dini dan untuk mencegah berbagai masalah kulit baik yang ringan maupun berbahaya tersebut. Anda bisa mengatasinya dengan makan buah jengkol.

Manfaat buah ini memang sangat beragam, namun sayangnya, buah jengkol tidak bisa dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan terutama bila Anda memiliki riwayat penyakit ginjal. Makanlah buah jengkol secukupnya saja, dan jangan setiap hari.

Ada yang tidak suka makan buah jengkol dan petai karena rasanya yang tidak lezat, alias terasa pahit maka dari itu mereka memilih untuk menutup mata dan menolak mengkonsumsi buah jengkol padahal manfaat buah jengkol sangatlah banyak dan beberapanya telah disebutkan dan dijelaskan dengan cukup terperinci di atas.

Anda yang kebetulan suka atau pro buah jengkol kini bisa mengkonsumsi buah jengkol dengan perasaan yang lebih baik karena ternyata buah jengkol tidak hanya membuat aroma nafas dan aroma urin menjadi bau saja, namun juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh juga kecantikan kulit kita karena mampu menangkal radikal bebas.

7. Mengatasi penyakit jantung koroner

Jengkol merupakan bahan makanan yang bersifat diuretic (pembuangan urine menjadi lancar). Pembuangan urine yang lancar sangat baik untuk para penderita penyakit jantung.

8.  Merampingkan perut

Jangan salah ya, jengkol juga dapat membantu merampingkan perut yang buncit. Kandungan seratnya yang tinggi dapat melancarkan BAB sehingga secara tidak langsung membuat perut langsing. Salah satu penyebab buncitnya perut pada seseorang adalah karena buang air besar yang tidak lancar dan tidak teratur.

9. Mencegah diabetes

Hebatnya lagi, jengkol dapat mencegah timbulnya penyakit diabetes. Mengapa? Di dalam buah jengkol terdapat zat yang tidak ditemukan pada bahan-bahan makanan lainnya. Zat tersebut dinamakan zat asam jengkolat. Asam jengkolat ini berupa kristal-kristal yang tidak larut oleh air. Karena sifat diuretic inilah jengkol sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda para penderita gangguan ginjal. Dikhawatirkan ginjal tidak akan mampu menyaring asam jengkolat pada buah jengkol. Akibat ginjal tidak mampu menyaring asam jengkolat adalah sulit berhentinya buang air kecil (anyang-anyangan).

10. Mengatasi masalah penyempitan pembuluh darah

Penderita penyakit jantung mengalami penyempitan pembuluh darah sehingga darah yang mengalir menuju jantung menjadi tidak lancar. Kandungan mineral pada jengkol ternyata dapat melebarkan pembuluh darah yang menyempit serta mencegah pembuluh darah menyempit kembali. Nah, agar khasiat jengkol menjadi optimal, sebaiknya anda tidak memasak jengkol terlalu matang (overcooked).

11. Mengatasi sembelit pada ibu hamil

Ibu hamil biasanya sering mengalami sembelit. Kandungan serat pada jengkol dapat mengatasi masalah sembelit. Dengan kata lain, serat pada jengkol membantu melancarkan pencernaan dan buang air besar. Namun tetap jangan terlalu banyak mengkonsumsi jengkol ya. Konsumsilah jengkol sesuai dengan jumlah yang dianjurkan.

12. Pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan

Jengkol juga bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada janin yang masih dalam kandungan. Pertumbuhan tulang dan gigi dapat berjalan optimal berkat kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada buah jengkol.

13. Jengkol dapat menstabilkan organ-organ penting dalam tubuh

Organ-organ penting dalam tubuh akan berfungsi dengan baik dan stabil bila tubuh terpenuhi kebutuhan asam folat dan vitamin B6. Berbeda situasinya jika tubuh kekurangan asam folat dan vitamin B6. Tak heran jika ibu hamil juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam folat demi perkembangan janinnya.

Salah satu contoh makanan yang kaya akan asam folat adalah jengkol. Namun sekali perlu diingat bahwa konsumsilah jengkol secukupnya saja. Jangan terlalu berlebihan karena konsumsi jengkol yang berlebihan akan kurang baik efeknya untuk organ ginjal.

Demikianlah informasi dan artikel yang membahas tentang Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda semakin sadar akan khasiat dan manfaat dari sayur-sayuran dan buah-buahan untuk kesehatan anda.

13 Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply