10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli

10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur BrokoliBrokoli (Brassica oleracea L. Kelompok Italica) adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Pada kesempatan kali ini, admin akan memberikan informasi dan artikel yang ada kaitannya dengan 10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli. Untuk lebih jelas dan detailnya, silahkan anda menyimak artkel berikut :

10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli

10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli

Kandungan Gizi Brokoli

Kandungan gizi pada brokoli sangat tinggi kandungan vitaminnya, vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin K lalu terkandung pula antioksidan membuat lengkap sudah sayuran hijau nan unik ini. Sejumlah mineral penting juga mampu dihasilkan oleh brokoli. Berikut adalah daftar lengkapnya.

  • Vitamin A, C, B, C, danK
  • Kalsium
  • Zat Besi
  • Kalori

Kandungan gizi ini memberikan dampak yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, ibu hamil, dan manusia pada umumnya.

1. Melawan radikal bebas

Brokoli mengandung vitamin C yang tinggi, antioksidan diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, vitamin C merupakan antihistamin yang efektif untuk meringankan flu yang menyerang.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Dalam secangkir brokoli mengandung beta-karoten yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Kandungan mineral-mineral seperti seng dan juga selenium merupakan aktor utama yang menjaga pertahanan kekebalan tubuh.

3. Menjaga sistem saraf

Kandungan kalium yang tinggidalam brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat serta fungsi otak yang optimal, dan mendorong perkembangan otot.

4. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat brokoli lainnya adalah menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung kalsium dan vitamin K yang tinggi. Keduanya sangat penting bagi kesehatan tulang serta mencegah osteoporosis.

5. Efektif Mencegah Kanker

Brokoli memiliki kandungan indole dan isothiocyanate serta fitokimia yang dalam beberapa studi telah mengungkapkan bahwa zat ini sangat efektif dalam mencegah kanker tertentu, terutama kanker prostat dan payudara.

6. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan potasium yang terdapat dalam brokoli sangat penting untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh, ia juga baik untuk anda yang mengalami tekanan darah tinggi.

7. Menjaga kesehatan jantung

Institute for Food Research di Norwich, Inggris melalui para penelitinya telah mengembangkan dua jenis brokoli untuk mengembangkan brokoli jenis ungulan yang mengandung glucoraphanin 2-3 kali lebih banyak dari jenis normal. Kandungan zat ini sangat baik untuk mencegah penyakit dan kesehatan jantung.

8. Sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan

Kandungan sulforaphane mampu menekan resiko pada gangguan pencernaan seperti maag, infeksi lambung. Sulforaphane mampu mempengaruhi peningkatan produksi enzim pada hati. Enzim ini berperan menggandeng bahan-bahan karsinogen penyebab gejala kanker dan mengeluarkannya dari sel. Dalam dunia kedokteran, kuman adalah penyebab utama luka dan kanker lambung atau pun kanker usus besar.

9. Sumber antioksidan

Salah satu kandungan paling tinggi dalam brokoli adalah vitamin C-nya, vitamin ini sangat penting dan berperan sebagai antioksidan yang akan membantu tubuh memerangi radikal bebas.

10. Meningkatkan Sistem Imun

Masih terkait dengan vitamin C, brokoli juga sangat ampuh untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh agar tidak mudah terserang penyakit berbahaya.

Itulah beberapa penjelasan artikel pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan dengan adanya artikel di atas, anda sadar bahwa mengkomsumsi sayur-sayuran/buah-buahan sungguh sangat bermanfaat buat kesehatan tubuhkita. Sekian dan terima kasih.

10 Manfaat Mengkonsumsi Sayur Brokoli | Tips Perawatan | 4.5
Leave a Reply